Cari Blog Ini

Sabtu, 04 Agustus 2012

KISI KISI PENGAWAS UKG 2011

KISI-KISI UJI KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH/MADRASAH
DIMENSI  KOMPETENSI  INDIKATOR
Supervisi Manajerial  Menguasai metode, teknik dan prinsip-prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan
mutu pendidikan di sekolah
Menerapkan    prinsip-prinsip supervisi manajerial untuk
peningkatan mutu pendidikan di sekolah
Menerapkan metode supervisi manajerial
Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
Menyusun program kepengawasan
berdasarkan visi-misi-tujuan dan program
pendidikan di sekolah
Menganalisis kebutuhan program kepengawasan supervisi
manajerial
Membagankan program kepengawasan supervisi
manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program
pendidikan di sekolah
Merancang program kepengawasan supervisi manajerial
berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di
sekolah
Menyusun  metode kerja dan instrumen
yang diperlukan untuk melaksanakan tugas
pokok dan fungsi pengawasan disekolah
Merancang  metode kerja pengawasan yang efektif
Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas
pokok dan fungsi pengawasan
Menerapkan  metode kerja dalam melaksanakan tugas
pokok dan fungsi pengawasan
Menyusun  instrument  kepengawasan
Mengunakan insrumen kepengawasan
Menyusun laporan hasil-hasil pengawas dan
menindaklanjutinya untuk perbaikan
program pengawasan berikutnya di sekolah
Menganalisis hasil supervisi manajerial
Menyusun laporan hasil supervisi manajerial
menyusun program tindaklanjut hasil kepengawassan
DIMENSI  KOMPETENSI  INDIKATOR
Membina kepala sekolah dalam pengelolaan
dan administrasi satuan pendidikan
berdasarkan manajemen peningkatan mutu
pendidikan di sekolah
Melaksanakan pembinaan dalam pengelolaan satuan
pendidikan sesuai 8 SNP
Melaksanakan pembinaan dalam  penyusunan administrasi
sekolah
Membina kepala sekolah dan guru dalam
melaksanakan bimbingan konseling di
sekolah
Mengarahkan kepala sekolah dan  guru  dalam  menganalisis
permasalahan layanan bimbingan konseling di sekolah
Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan
bimbingan konseling
Mendorong guru dan kepala sekolah  dalam
merefleksikan hasil-  hasil yang dicapainya
untuk menemukan    kelebihan dan
kekurangan dalam melaksanakan tugas
pokoknya di sekolah
Meningkatkan motivasi guru untuk melakukan refleksi
terhadap tugas pokoknya
Meningkatkan  motivasi kepala sekolah dalam merefleksikan
proses dan hasil-hasil pengelolaan dan administrasi sekolah
Memantau pelaksanaan standar nasional
pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya
untuk membantu kepala sekolah
Menilai  pencapaian   pelasanaan 8 Standar Nasional
Pendidikan di sekolah
Membuat rekomendasi hasil pemantauan untuk penyusunan
program sekolah dalam upaya pemenuhan 8 SNP
KISI-KISI UJI KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH/MADRASAH
DIMENSI  KOMPETENSI  INDIKATOR
Supervisi
Akademik
Menyusun rencana pengawasan
akademik (RPA)/ rencana pengawasan
bimbingan konseling (RPBK)
Menegaskan jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan
Merumuskan tujuan supervisi akademik
Menganalisis kesesuaian antara komponen dan isi pada RPA/RPBK
Memahami konsep, prinsip, teori
dasar,
karakteristik, dan kecenderungan
perkembangan tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran.
Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan
kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata
pelajaran
Melatih guru menggunakan konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik,
dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau
mata pelajaran
Memahami konsep, prinsip,
teori/teknologi,
karakteristik, dan kecenderungan
perkembangan proses pembelajaran/
bimbingan tiap bidang pengembangan
atau mata pelajaran
Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori/teknologi,
karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses
pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata
pelajaran
Melatih guru menggunakan konsep, prinsip, teori/teknologi,
karakteristik, dan kecenderungan
perkembangan proses pembelajaran/
bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
Membimbing guru dalam menyusun
silabus tiap bidang pengembangan
atau mata pelajaran berlandaskan
standar isi, standar kompetensi dan
kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip
pengembangan KTSP.
Membimbing guru menganalisis SK dan KD
Mencerahkan guru merumuskan indikator pencapaian kompetensi
Membimbing guru dalam menentukan  materi pelajaran.
Membimbing guru menentukan  kegiatan pembelajaran.
Membimbing guru dalam memilih dan
menggunakan strategi/ metode/
teknik pembelajaran/ bimbingan yang
dapat mengembangkan berbagai
potensi siswa melalui tiap bidang
Membimbing guru dalam menentukan strategi/ metode/ teknik
pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa
Mencontohkan guru pelaksanaan strategi/ metode/ teknik pembelajaran
yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa. 
DIMENSI  KOMPETENSI  INDIKATOR
pengembangan atau mata pelajaran.
Membimbing guru dalam menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) untuk tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran.
Membimbing  guru memperkirakan strategi/ metode/ teknik
pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.
Membimbing guru dalam merumuskan tujuan  pembelajaran
Mengarahkan guru dalam menyusun materi   pembelajaran
Mengarahkan guru dalam  menyusun kegiatan pembelajaran
Membimbing guru menentukan sumber  belajar
Membimbing guru merancang penilaian hasil belajar.
Membimbing guru dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran
/bimbingan (di kelas, laboratorium,
dan/ atau di lapangan) untuk tiap
bidang pengembangan atau mata
pelajaran.
Mencerahkan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah
disusun pada RPP
Membimbing guru melaksanakan penugasan terstruktur dan kegiatan
mandiri tidak terstruktur
Membimbing guru dalam mengelola,
merawat, mengembangkan dan
menggunakan media pendidikan dan
fasilitas pembelajaran/ bimbingan tiap
bidang pengembangan atau mata
pelajaran.
Mengarahkan guru dalam mengatur fasilitas pembelajaran. 
Membimbing guru mencontohkan media pembelajaran. yang paling tepat
sesuai dengan karakteristik masing-masing KD
Membimbing guru menemukan media pembelajaran
Memotivasi guru untuk memanfaatkan
teknologi informasi dalam
pembelajaran/ bimbingan tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran.
Mengarahkan  guru memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK)
dalam pembelajaran
Menilai guru untuk memanfaatkan TIK dalam pelaksanaan proses
pembelajaran.
KISI-KISI UJI KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH/MADRASAH
DIMENSI  KOMPETENSI  INDIKATOR
Penelitian dan
Pengembangan
Menguasai berbagai pendekatan, jenis,
dan metode penelitian dalam pendidikan
Membandingkan karakteristik berbagai pendekatan  dalam
penelitian
Mengklasifikasi berbagai jenis penelitian
Menentukan masalah kepengawasan yang
penting diteliti baik untuk keperluan tugas
pengawasan maupun untuk pengembangan
karirnya sebagai pengawas
Melatih kepala sekolah dalam  mengidentifikasi masalah
penelitian pendidikan
Merumuskan masalah penelitian pendidikan
Menyusun proposal penelitian pendidikan
baik proposal penelitian kualitatif maupun
penelitian kuantitatif
Mencerahkan tujuan penelitian
Menyusun landasan teori
Menentukan metodologi penelitian
Melaksanakan penelitian pendidikan untuk
pemecahan masalah pendidikan, dan
perumusan kebijakan pendidikan yang
bermanfaat bagi tugas pokok tanggung
jawabnya
Memilih dan Mengembangkan instrumen penelitian
Mengumpulkan data
Mengolah dan menganalisis data hasil
penelitian pendidikan baik data kualitatif
maupun data kuantitatif
Mentabulasi data hasil penelitian
Menganalisis data penelitian
Menginterpretasikan data hasil penelitian
Menulis karya tulis  ilmiah (KTI) dalam bidang
pendidikan dan atau bidang kepengawasan
dan memanfaatkannya untuk perbaikan mutu
pendidikan
Menyusun penulisan karya ilmiah (artikel) hasil penelitian
Menyusun  penulisan karya ilmiah (artikel)  non    hasil
penelitian
Mempublikasikan karya tulis ilmiah untuk perbaikan mutu
pendidikan
Menyusun pedoman/panduan dan atau
buku/modul yang diperlukan untuk
melaksanakan tugas pengawasan di sekolah
Menyusun buku pedoman tugas kepengawasan  
DIMENSI  KOMPETENSI  INDIKATOR
Menyusun buku pedoman kinerja kepengawasan
Memberikan bimbingan kepada guru tentang
penelitian tindakan kelas, baik perencanaan
maupun pelaksanaannya di sekolah
menengah kejuruan
Mencerahkan guru dalam mengidentifikasi masalah PTK
Menemukan topik/judul PTK
Memberikan bimbingan  kepada guru tentang
penelitian tindakan kelas, baik perencanaan
maupun pelaksanaannya di sekolah
menengah kejuruan
Merumuskan masalah penelitian PTK
Mengarahkan alternatif tindakan dalam PTK
Mengarahkan guru  dalam penyusunan kerangka teori yang
berhubungan dengan topik penelitian
Mencerahkan guru tentang  tahapan siklus dalam PTK
KISI-KISI UJI KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH/MADRASAH
DIMENSI  KOMPETENSI  INDIKATOR
Evaluasi Pendidikan  Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan
pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap
mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran
yang relevan
Menentukan kriteria ketuntasan minimal kompetensi dasar
Menentukan indikator keberhasilan pembelajaran
Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dinilai dalam
pembelajaran/bimbingan tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran dalam
rumpun mata pelajaran yang relevan
Membimbing guru dalam membedakan aspek-aspek penting
yang dinilai  sesuai dengan karakteristik peserta didik
Membimbing guru dalam mengkategorikan aspek-aspek
penilaian yang sesuai dengan tuntutan pencapaian
kompetensi dasar
Melatih  guru dalam menentukan aspek-aspek penting yang
dinilai dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata
pelajaran/ bidang pengembangan
Menilai kinerja kepala sekolah, kinerja guru
dan staf sekolah lainnya dalam melaksanakan
tugas pokok dan tanggung jawabnya untuk
meningkatkan mutu pendidikan dan
pembelajaran
Menentukan aspek-aspek  penilaian kinerja kepala sekolah,
guru, dan staf sekolah
Memilih perangkat penilaian yang tepat digunakan untuk
menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
Menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah dalam
melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya
Memantau pelaksanaan pembelajaran/
bimbingan dan hasil belajar siswa serta
menganalisisnya untuk perbaikan mutu
pembelajaran/bimbingan tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran
Menentukan aspek-aspek pemantauan kinerja guru  dalam
melaksanakan pembelajaran
Menyimpulkan hasil  pemantauan  kinerja guru dalam
pembelajaran
Menilai tingkat kesesuaian antara perencanaan dengan
pelaksanaan pembelajaran
Membina guru dalam memanfaatkan hasil
penilaian untuk kepentingan  pendidikan dan
pembelajaran/bimbingan tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran dalam
rumpun mata pelajaran yang relevan
Melatih guru dalam menganalisis hasil penilaian
Mengarahkan guru dalam memanfaatkan hasil analisis
untuk menyusun program tindaklanjut
DIMENSI  KOMPETENSI  INDIKATOR
Mengolah dan menganalisis data hasil
penilaian kinerja kepala sekolah, kinerja guru
dan staf sekolah
Menyeleksi data hasil penilaian kinerja kepala sekolah, guru,
dan staf sekolah
Menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala sekolah,
guru, dan staf sekolah
Menyusun program tindak lanjut dalam rangka perbaikan
kinerja yang bersangkutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar