Cari Blog Ini

Sabtu, 04 Agustus 2012

KURIKULUM TK




KURIKULUM
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
( KTSP ) 




























SEKOLAH TK / RA ...................................
KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
2011  

HALAMAN PENGESAHAN




KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
( KTSP )

SEKOLAH TK / RA ..............................................
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012




Alamat                                                           : ..........................................
NPSN                                                             : ..........................................
Kecamatan                                                   : ..........................................
Kabupaten / Kota                                         : Lampung Timur
Propinsi                                                         : Lampung
Disusun Oleh                                               : 1. Kepala Sekolah
                                                                          2. Guru
                                                                          3. Komite




                                                                                    .............................,11 Juli 2011  
Ketua Komite                                                            Kepala TK/RA ...........................



...................................                                     ...............................................

                                                                                    NIP.


Mengetahui
a.n.Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga
Kabupaten Lampung Timur
Kepala Bidang Pendidikan Dasar




Drs.SUKARWIN,M.Si.
NIP. 19630105 198203 1 003
Pembina Tk.I





KATA PENGANTAR



Pengaruh perubahan globalisasi, perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta seni dan budaya berdampak pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Di Indonesia mengalami perkembangan dan perubahan secara terus menerus sebagai akumulasi respon terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.

Hal ini menuntut perlunya perbaikan sistem penyelenggaraan pendidikan di sekolah termasuk perkembangan kurikulum sekolah di TK/RA .……………... Pengembangan kurikulum di TK/RA…………………… mengacu pada Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Setandar Nasional Pendidikan serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22,23 dan 24 tahun 2006 tentang Setandar Isi, Setandar Kompetensi Lulusan dan Pedoman Pelaksanaan Permen Nomor 22 dan 23 tahun 2006.

Upaya pengembangan kurikulum dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan mutu dan relevansi pendidikan, dilakukan secara menyeluruh mencakup aspek moral, akhlak, budi pekerti, pengetahuan, ketrampilan, kesehatan, seni dan budaya lokal maupun nasional. Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik.

Kepada seluruh dewan guru, komite sekolah, tokoh masyarakat, pratisi pendidikan, Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Lampung Timur dan semua pihak yang secara langsung maupun tidak langsung membantu penyusunan kurikulum TK/RA…………………. kami ucapkan terima kasih.

Kami menyadari bahwa kurikulum ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif untuk kesempurnaan kurikulum TK/RA…………………. dimasa yang akan datang.

Mudah-mudahan dengan diterbitkannya kurikulum ini diharapkan warga sekolah/ tenaga kependidikan dapat menggunakannya sebagai acuan dalam perencanaan dan pelaksanaan layanan pembelajaran di TK/RA……………. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan Rakhmat dan Karunianya kepada kita semua, Amin.


                                                                        …………………………, 11 Juli 2011  
                                                                        Kepala TK/RA…………………….




                                                                        …………………………………
                                                                        NIP.

DAFTAR ISI


 
Halaman

HALAMAN JUDUL                                                                                                  1
HALAMAN PENGESAHAN                                                                                   2
KATA PENGANTAR                                                                                               3
DAFTAR ISI                                                                                                              4

I. PENDAHULUAN                                                                                                  5

A.   Rasional                                                                                                  5
B.   Visi, Misi dan Tujuan Sekolah                                                                        7
1.    Visi Sekolah                                                                               7
2.    Misi Sekolah                                                                               7
3.    Tujuan Sekolah                                                                         7

II. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM                                                     8

A.   Struktur Kurikulum                                                                                8
B.   Muatan Kurikulum                                                                                8
1.    Pengembangan Pembiasaan                                                 8
2.    Pengembangan Kemampuan Dasar                                                9
3.    Kegiatan Pengembangan Diri                                                            9
4.    Pengaturan Beban Belajar                                                      10
5.    Ketuntasan Belajar                                                                   10
6.    Kriteria Kenaikan Kelas            dan Kelulusan                                11
7.    Penetapan Penentuan Tema                                                 11

III. KALENDER PENDIDIKAN                                                                               12

IV. LAMPIRAN - LAMPIRAN                                                                                  13

A.   Silabus Pengembangan Pembiasaan dan Kemampuan Dasar
B.   Silabus Pengembangan Diri                          
C.   Pendukung KTSP/Surat Keputusan Kepala TK/RA


I. PENDAHULUAN


A. Rasional
Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi mendorong terjadinya perubahan dan pembaruan pada beberapa aspek pendidikan, termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum sekolah dasarpun menjadi perhatian dan pemikiran-pemikiran baru, sehingga mengalami perubahan-perubahan kebijakan.

            Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat ( 2 ) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkan apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan .

            Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan.

            Kurikulum tingkat satuan Pendidikan Taman Kanak-Kanak / Raudhatul Athfal ………………………… dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan anak usia dini 4-6 tahun pada jalur pendidikan formal yang berbentuk Taman Kanak-Kanak ( TK ) atau Taman Kanak-Kanak Khusus          ( TKKh ) atau Raudhatul Athfal ( RA ) atau bentuk lain yang sederajat. Pendidikan anak usia dini pada jalur nonformal berbentuk kelompok bermain     ( KB ), Taman Penitipan Anak ( TPA ), atau bentuk lain yang sederajat.
Taman Kanak-Kanak ( TK ) adalah salah satu bentuk satuan penddikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menelenggarakan program pendidikan umum bagi anak usia 4 – 6 tahun, Raudhatul Athfal ( RA ) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum dan keagamaan Islam bagi anak usia 4-6 tahun.

Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan komite sekolah dibawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Lampung Timur, serta dengan bimbingan nara sumber pendidikan dan pembelajaran Pengawas Sekolah Tk,SD dan SDLB Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Lampung Timur.
           
Pengembangan kurikulum TK/RA ini didasarkan pada aspek-aspek pengembangan Kurikulum di TK / RA yang meliputi : (1) Moral dan Nilai-nilai Agama ; (2) Sosial,Emosional dan Kemandirian ; (3) Berbahasa ; (4) Kognitif ; (5) Fisik / Motorik, dan ; (6) Seni. Dari aspek-aspek tersebut dipadukan dalam bidang pengembangan yang utuh mencakup : (1) Bidang pengembangan pembiasaan ; (2) Bidang pengembangan Kemampuan Dasar.

            Pada akhirnya kurikulum ini tetap hanya sebuah dukumen, yang akan menjadi kenyataan apabila terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas, hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak. Dalam hal ini para pelaksana kurikulumlah ( guru ) yang akan membumikan kurikulum ini dalam proses pembelajaran.

Para pendidik juga hendaknya mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak, sehingga anak betah di sekolah. Atas dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di sekolah dasar hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreatifitas anak, efektif, demokratis, menantang, menyenangkan dan mengasyikkan. Dengan spirit seperti itulah kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di TK/RA.
B. Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

1. Visi Sekolah
Terwujudnya siswa yang cerdas, berprestasi, berilmu, berbudi sehingga berkompetensi berlandaskan iman dan taqwa.

2. Misi Sekolah
  1. Menanamkan keyakinan / akidah melalui pengamalan ajaran agama;
  2. Mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak;
  3. Mengenalkan anak dengan dunia sekitar;
  4. Menumbuhkan sikap dan prilaku yang baik;
  5. Mengembangkan kemampuan berkomonikasi dan bersosialisasi;
  6. Mengembangkan ketrampilan, kreatifitas, dan kemampuan anak;
  7. Menyiapkan anak untuk memasuki pendidikan dasar;

3. Tujuan Sekolah

Tujuan Umum
Secara umum tujuan pendidikan di TK/RA ............................. adalah membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.

Tujuan Khusus

Untuk mencapai tujuan di atas, TK/RA ............................... Kabupaten Lampung Timur menetapkan tujuan untuk pencapaian target sebagai berikut :
  1. Meningkatkan iman dan taqwa serta kemandirian siswa yang sehat jasmani dan rokhani, sehingga terbentuk pribadi yang berkualitas;
  2. Meningkatkan kedisiplinan anak dalam kegiatan pembelajaran;
  3. Meraih prestasi akademik maupun non akademik;
  4. Mempersiapkan  anak mampu untuk berkomonikasi dan bersosialisasi;
  5.  Mengembangkan potensi yang telah dimiliki anak;
  6. Mempersiapkan anak untuk memasuki pendidikan dasar;
II.  STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

Taman Kanak-Kanak ( TK ) dan Raudhatul Athfal ( RA ) merupakan bentuk pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal. TK dan RA bukan persyaratan untuk memasuki SD dan MI.Periode belajar di TK dan RA adalah 1 tahun ( TK.A dan RA.A atau TK.B dan RA.B ) atau 2 tahun ( TK.A dan RA.A serta TK.B dan RA.B )

A.    Struktur Kurikulum
 Struktur kurikulum di TK dan RA memuat dua bidang pengembangan, yaitu Pengembanan Pembiasaan dan Pengembangan Kemampuan Dasar. Kedua bidang pengembangan tersebut serta alokasi waktunya sebagai berikut:


STRUKTUR KURIKULUM TK / RA .......................................
TAHUN PELAJARAN 2011/2012


BIDANG PENEMBANGAN
ALOKASI WAKTU
A. Pembiasaan
1. Moral dan nilai-nilai Agama
Pendekatan
TEMATIK
2. Sosial,Emosional,dan Kemandirian
B. Kemampuan Dasar
1. Berbahasa
2. Kognitif
3. Fisik / Motorik
4. Seni
Alokasi Waktu per Minggu
15 Jam

B.    Muatan Kurikulum di TK / RA ......................................
Muatan kurikulum meliputi bidang Pengembangan Pembiasaan dan Bidang Pengemangan Kemampuan Dasar.

1.    Bidang Pengembangan Pembiasaan
Bidang Pengembangan Pembiasan merupakan kegiatan yang dilakukan scara terus menerus dan ada dalam kehidupan sehari-hari anak shingga menjadi kebiasaan yang baik meliputi aspek perkembangan :
1.    Moral dan Nilai-nilai Agama
2.    Sosial, Emosional, dan Kemandirian

1. Moral dan nilai-nilai Agama
Tujuan :
Agar anak dapat meningkatkan ketaqwaan anak terhadap Tuhan Yan Maha Esa dan membina sikap anak dalam rangka meletakkan dasar agar anak menjadi warga negara yang baik.

2. Sosial, Emosional, dan kemandirian
Tujuan :
Agar anak dapat mengendalikan emosinya secara wajar dan dapat berinteraksidengan sesamanya maupun dengan orang dewasa dengan baik serta dapat menolong dirinya sendiri dalam rangka kecakapan hidup.

Bidang Pengembangan Pembiasaan dapat dilakukan dengan cara :

1. Kegiatan rutin :
Kegiatan yang dilakukan di TK/RA sehari-hari seperti; “ Berbaris, berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, menyanyi lagu-lagu yang dapat membangkitkan patriotisme, lagu-lagu religius keagamaan, menggosok gigi, berjabat tangan, menucap salam, mengembalikan permainan pada empatnya”.

2. Kegiatan spontan :
Kegiatan yang dilakukan secara spontan misalnya ;” Meminta tolong dengan baik, menawarkan bantuan dengan baik, memberi capan selamat dengan baik, dan menjenguk teman sakit “.

3. Pemberian Telaan :
Kegiatan yang diberikan denganmemberikan teladan / contoh yang baik kepada anak misalnya;” Memungt sampah, mengucap salam, rapidalam berpakaian, hadir di TK/RA tepat waktu, santun dalam bertutur kata, tersenyum ketika berjumpa “.

2.    Pengembangan Kemampuan Dasar

Bidang pengembangan kemampuan dasar merupakan kegiatan yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya yaitu :
1.    Berbahasa
2.    Kognitif
3.    Fisik / Motorik
4.    Seni

1. Berbahasa
Tujuan :
Agar anak mampu mengungkakan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, berkomunikasi secara efektif, dan membangkitkan minat anak untuk berbahasa Indonesia.

2. Kognitif
Tujuan :
Agar anak mampu mengolah perolehan belajarnya, menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah, mengembangkan kemampuan logika matematika, pengetahuan ruang dan waktu, kemampuan memilah dan mengelompokkan dan persiapan pengembangan kemampuan berfikir teliti.

3. Fisik / Motorik
Tujuan :
Untuk memperkenalkan dan melatih gerakan kasar dan halus, meningkatkan kemampuan mengelola, mengontrol gerakan tubuh dan koordinasi,serta meningkatkan ketrampilan dan cara hidup sehat sehingga dapat menunjang pertumbuhan jasmani yang sehat, kuat dan trampil.

4. Seni
Tujuan :
Agar anak dapat menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imajinasinya dan dapat menhargai hasil kreativitas orang lain.
4. Pengaturan Beban Belajar

Pengaturan Beban Belajar di TK/RA  .................................. sebagai berikut :

BEBAN BELAJAR DI TK/RA ..............................................
TAHUN PELAJARAN 2008/2009


SATUAN PENDIDIKAN

KELAS

PEMBELAJARAN TATAP MUKA
( Per Hr )

JUMLAH JAM PEMBEL PER MINGGU

MINGGU EFEKTIF PER TAHUN PELAJARAN

WAKTU PEMBELAJARAN PER TAHUN

JUMLAH JAM
PER TAHUN
 (@ 60 MENIT)
1
2
3
4
5
6
7

TK/RA

A/B

2,5 jam
( 150 mt)
Per hari


15 jam
( 2250 mt )

36 Minggu

540 jam
(81.000 menit)


1350 jam



5.   Ketuntasan Belajar

Ketuntasan belajar setiap aspek pengembangan yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 -100%.


 KETUNTASAN BELAJAR
DI SEKOLAH TK / RA ......................................
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

BIDANG PENGEMBANGAN
KETUNTASAN BELAJAR
KELAS. A
KELAS. B
A. Pembiasaan
1. Moral dan nilai-nilai Agama
....... %
....... %
2. Sosial,Emosional,dan Kemandirian
....... %
....... %
B. Kemampuan
    Dasar
1. Berbahasa
....... %
....... %
2. Kognitif
....... %
....... %
3. Fisik / Motorik
....... %
....... %
4. Seni
....... %
....... %


6.   Kompetensi kenaikan Tingkat dan Tamat Belajar
Kenaikan tingkat dan tamat belajar dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran dengan kriteria kenaikan tingkat / tamat belajar dengan ketentuan,setelah mengikuti program Taman Kanak-Kanak ( TK ) dan Raudhatul Athfal ( RA ) anak memilikikompetensi sebagai berikut :
  1. Mulai mengenali dan membiasakan berprilaku sesuai dengan ajaran agama yang diyakininya;
  2. Menunjukkan pemahaman positif tentang diri dan percaya diri, serta kemampuan untuk menolong diri sendiri;
  3. Mampu untuk berinteraksi dengan orang lain dan alamsekitar;
  4. Menunjukkan kemampuan berfikir runtut;
  5. Berkomonikasi secara efektif;
  6. Terbiasa hidup sehat;
  7. Menunjukkan perkembangan fisik;

7.    Penentuan Tema UntukTK/RA .......................... TP.2011/2012
Tema Semester 1 :
No
Tema
Alokasi Waktu
1
Diri sendiri ( Aku dan Pancaindra )
3 minggu
2
Lingkunganku ( Keluargaku,Rumah, dan Sekolah )
4 minggu
3
Kebutuhanku ( Makanan,Minuman,Pakaian,
Kesehatan,Kebersihan dan Keamanan )
4 minggu
4
Binatang
3 minggu
5
Tanaman
3 minggu
6
Pengembangan dan Pengayaan
1 minggu

JUMLAH
18 minggu

Tema Semester 2 :
No
Tema
Alokasi Waktu
1
Rekreasi ( Kendaraan, Pesisir, dan Pegunungan )
4 minggu
2
Pekerjaan
3 minggu
3
Air, Udara, dan Api
3 minggu
4
Alat Komonikasi
2 minggu
5
Tanah Airku ( Negaraku, Kehidupan di kota, dan di
Desa )
3 minggu
6
Alam semesta ( Matahari,Bulan,Bintang,Bumi, Langit,
Dan Gejala Alam )
3 minggu

JUMLAH
18 minggu
III. KALENDER PENDIDIKAN

Kalender pendidikan anak usia dini mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Kalender pendidikan tersebut disesuaikan dengan kondisi daerah setempat.

Permulaan tahun pelajaran di Taman Kanak-kanak dimulai pada hari Senin minggu ketiga bulan Juli, dan apabila hari tersebut merupakan hari libur, maka permulaan tahun pelajaran dimulai hari berikutnya yang bukan hari libur.

Hari – hari pertama masuk sekolah merupakan serangkaian kegiatan sekolah pada permulaan tahun pelajaran baru yang dapat diisi dengan kegiatan masa orientasi. Hari-hari pertama masuk sekolah berlangsung selama 3 hari diisi serangkaian kegiatan yang bertujuan agar anak TK mengenal kehidupan lingkungan TK. Kegiatan pada hari-hari pertama masuk TK meliputi :

·         Perkenalan dan sosialiasi
·         Penjelasan kepada orang tua dan anak tentang tata tertib TK dan hal-hal lain-lain yang menyangkut kegiatan belajar  mengajar.























PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
SEKOLAH TK / RA  ..................................
KECAMATAN ……………………………
Alamat : ..................................... Kec. ................ Kab. Lampung Timur
 


KEPUTUSAN
KEPALA TK / RA ...............................................
Nomor : 420/............../Kep/VII/2011
TENTANG
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
TK / RA .................................................
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Menimbang             :
Bahwa dalam rangka penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran yang efektif, perlu adanya dokumen yang dapat memberikan arahan kepada pendidik dan tenaga kependidikan, maka TK/RA..................................... memandang perlu menyusun kurikulum operasional sekolah;
Mengingat               :
1.

2.

3.


Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22, 23 dan 24 tahun 2006 tentang Standar Isi, tandar Kompetensi Lulusan dan Pedoman Pelaksanaannya;
Memperhatikan       :
1.
2.
Pedoman Penyusunan KTSP dari BSNP;
Hasil rapat kerja dewan pendidik, komite sekolah dan koselor / nara sumber dengan materi pokok pembahasan kurikulum operasional TK/RA..........................................;

MEMUTUSKAN

Menetapkan            :
1.

2.

3.

4.
Menetapkan dan mengesahkan susunan Tim Penyusun  KTSP TK/RA ........................... tahun pelajaran 2011 / 2012;
KTSP sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mencakup pedoman umum, struktur program, kalender pendidikan dan silabus;
Sehubungan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) penyempurnaan kurikulum dapat dilakukan sewaktu-waktu;
KTSP TK/RA ................................... dinyatakan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan;

                                                                                    Ditetapkan di  : .......................
                                                                                    Pada Tanggal  : 11 Juli 2011  
                                                                                    Kepala TK/RA .........................
                                                                                    Kecamatan Raman Utara


                                                                                    ..........................................
                                                                                    NIP.
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
SEKOLAH TK / RA .......................................
KECAMATAN .................................................
Alamat : .................................... Kec................... Kab. Lampung Timur
 


LAMPIRAN              : Surat Keputusan Kepala TK/RA.................................
Nomor          : 420/.........../Kep/VII/2011                                           
Tanggal        : 11 Juli 2011


TIM PENYUSUN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP )
SEKOLAH TK/RA ......................................... TP 2011/2012


NO
NAMA
JABATAN
KETERANGAN

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10




Ketua ( Kepala Sek )
Sekertaris
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Komite Sekolah
Konselor/Nara sumber


                                                                       
Ditetapkan di  :  ......................
                                                                                    Pada Tanggal  : 11 Juli 2011
                                                                                    Kepala TK/RA.........................
                                                                                    Kecamatan Raman Utara



                                                                                    ..........................................
                                                                                    NIP.
                                                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar