SEKOLAH TK / RA ...................................
KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
2011
HALAMAN PENGESAHAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
( KTSP )
SEKOLAH TK / RA
..............................................
TAHUN PELAJARAN
2011 / 2012
Alamat :
..........................................
NPSN :
..........................................
Kecamatan :
..........................................
Kabupaten / Kota :
Lampung Timur
Propinsi :
Lampung
Disusun Oleh :
1. Kepala Sekolah
2. Guru
3. Komite
.............................,11
Juli 2011
Ketua Komite Kepala TK/RA ...........................
................................... ...............................................
NIP.
Mengetahui
a.n.Kepala Dinas
Pendidikan Pemuda Dan Olahraga
Kabupaten Lampung
Timur
Kepala Bidang
Pendidikan Dasar
Drs.SUKARWIN,M.Si.
NIP. 19630105 198203 1 003
Pembina Tk.I
KATA PENGANTAR
Pengaruh perubahan globalisasi,
perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta seni dan budaya berdampak
pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Di Indonesia mengalami
perkembangan dan perubahan secara terus menerus sebagai akumulasi respon
terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.
Hal ini menuntut perlunya perbaikan sistem
penyelenggaraan pendidikan di sekolah termasuk perkembangan kurikulum sekolah
di TK/RA .……………... Pengembangan kurikulum di TK/RA…………………… mengacu pada
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Setandar Nasional Pendidikan
serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22,23 dan 24 tahun 2006
tentang Setandar Isi, Setandar Kompetensi Lulusan dan Pedoman Pelaksanaan
Permen Nomor 22 dan 23 tahun 2006.
Upaya pengembangan kurikulum
dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan mutu dan relevansi pendidikan,
dilakukan secara menyeluruh mencakup aspek moral, akhlak, budi pekerti,
pengetahuan, ketrampilan, kesehatan, seni dan budaya lokal maupun nasional.
Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan pengembangan
kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik.
Kepada seluruh dewan guru, komite
sekolah, tokoh masyarakat, pratisi pendidikan, Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten
Lampung Timur dan semua pihak yang secara langsung maupun tidak langsung
membantu penyusunan kurikulum TK/RA…………………. kami ucapkan terima kasih.
Kami menyadari bahwa kurikulum ini
masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan
saran yang konstruktif untuk kesempurnaan kurikulum TK/RA…………………. dimasa yang
akan datang.
Mudah-mudahan dengan diterbitkannya
kurikulum ini diharapkan warga sekolah/ tenaga kependidikan dapat
menggunakannya sebagai acuan dalam perencanaan dan pelaksanaan layanan pembelajaran
di TK/RA……………. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan Rakhmat dan Karunianya
kepada kita semua, Amin.
…………………………,
11 Juli 2011
Kepala
TK/RA…………………….
…………………………………
NIP.
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL 1
HALAMAN
PENGESAHAN 2
KATA PENGANTAR 3
DAFTAR ISI 4
I.
PENDAHULUAN 5
A.
Rasional 5
B.
Visi, Misi dan Tujuan Sekolah 7
1.
Visi
Sekolah 7
2.
Misi
Sekolah 7
3.
Tujuan
Sekolah 7
II. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM 8
A.
Struktur
Kurikulum 8
B.
Muatan
Kurikulum 8
1.
Pengembangan
Pembiasaan 8
2.
Pengembangan
Kemampuan Dasar 9
3.
Kegiatan
Pengembangan Diri 9
4.
Pengaturan
Beban Belajar 10
5.
Ketuntasan
Belajar 10
6.
Kriteria Kenaikan Kelas
dan Kelulusan 11
7.
Penetapan
Penentuan Tema 11
III.
KALENDER PENDIDIKAN 12
IV.
LAMPIRAN - LAMPIRAN 13
A.
Silabus
Pengembangan Pembiasaan dan Kemampuan Dasar
B.
Silabus
Pengembangan Diri
C.
Pendukung
KTSP/Surat Keputusan Kepala TK/RA
I. PENDAHULUAN
A. Rasional
Perubahan paradigma penyelenggaraan
pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi mendorong terjadinya perubahan
dan pembaruan pada beberapa aspek pendidikan, termasuk kurikulum. Dalam kaitan
ini kurikulum sekolah dasarpun menjadi perhatian dan pemikiran-pemikiran baru,
sehingga mengalami perubahan-perubahan kebijakan.
Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan
pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang-
Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat ( 2
) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan
dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan,
potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka
dikembangkan apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan .
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di
masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah
Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada
Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar
kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional
Pendidikan.
Kurikulum tingkat satuan Pendidikan
Taman Kanak-Kanak / Raudhatul Athfal ………………………… dikembangkan sebagai perwujudan
dari kurikulum pendidikan anak usia dini 4-6 tahun pada jalur pendidikan formal
yang berbentuk Taman Kanak-Kanak ( TK ) atau Taman Kanak-Kanak Khusus ( TKKh ) atau Raudhatul Athfal ( RA )
atau bentuk lain yang sederajat. Pendidikan anak usia dini pada jalur nonformal
berbentuk kelompok bermain ( KB ),
Taman Penitipan Anak ( TPA ), atau bentuk lain yang sederajat.
Taman Kanak-Kanak
( TK ) adalah salah satu bentuk satuan penddikan anak usia dini pada jalur
pendidikan formal yang menelenggarakan program pendidikan umum bagi anak usia 4
– 6 tahun, Raudhatul Athfal ( RA ) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan
anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan
umum dan keagamaan Islam bagi anak usia 4-6 tahun.
Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas unsur
sekolah dan komite sekolah dibawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan
Dasar Kabupaten Lampung Timur, serta dengan bimbingan nara sumber pendidikan
dan pembelajaran Pengawas Sekolah Tk,SD dan SDLB Dinas Pendidikan Dasar
Kabupaten Lampung Timur.
Pengembangan kurikulum TK/RA ini didasarkan pada aspek-aspek pengembangan
Kurikulum di TK / RA yang meliputi : (1) Moral dan Nilai-nilai Agama ; (2)
Sosial,Emosional dan Kemandirian ; (3) Berbahasa ; (4) Kognitif ; (5) Fisik /
Motorik, dan ; (6) Seni. Dari aspek-aspek tersebut dipadukan dalam bidang
pengembangan yang utuh mencakup : (1) Bidang pengembangan pembiasaan ; (2)
Bidang pengembangan Kemampuan Dasar.
Pada akhirnya kurikulum ini tetap
hanya sebuah dukumen, yang akan menjadi kenyataan apabila terlaksana di
lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran baik di kelas maupun
di luar kelas, hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu membangkitkan
aktivitas dan kreativitas anak. Dalam hal ini para pelaksana kurikulumlah (
guru ) yang akan membumikan kurikulum ini dalam proses pembelajaran.
Para pendidik juga hendaknya mampu menciptakan pembelajaran yang
menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak, sehingga anak betah di sekolah. Atas
dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di sekolah dasar hendaknya bersifat
mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreatifitas anak, efektif,
demokratis, menantang, menyenangkan dan mengasyikkan. Dengan spirit seperti
itulah kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan
pendidikan dan pengajaran di TK/RA.
B. Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
1. Visi Sekolah
Terwujudnya siswa
yang cerdas, berprestasi, berilmu, berbudi sehingga berkompetensi berlandaskan
iman dan taqwa.
2. Misi Sekolah
- Menanamkan keyakinan / akidah melalui pengamalan ajaran agama;
- Mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak;
- Mengenalkan anak dengan dunia sekitar;
- Menumbuhkan sikap dan prilaku yang baik;
- Mengembangkan kemampuan berkomonikasi dan bersosialisasi;
- Mengembangkan ketrampilan, kreatifitas, dan kemampuan anak;
- Menyiapkan anak untuk memasuki pendidikan dasar;
3. Tujuan Sekolah
Tujuan Umum
Secara umum
tujuan pendidikan di TK/RA ............................. adalah membantu anak
didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral
dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik,
kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.
Tujuan Khusus
Untuk mencapai
tujuan di atas, TK/RA ............................... Kabupaten Lampung Timur
menetapkan tujuan untuk pencapaian target sebagai berikut :
- Meningkatkan iman dan taqwa serta kemandirian siswa yang sehat jasmani dan rokhani, sehingga terbentuk pribadi yang berkualitas;
- Meningkatkan kedisiplinan anak dalam kegiatan pembelajaran;
- Meraih prestasi akademik maupun non akademik;
- Mempersiapkan anak mampu untuk berkomonikasi dan bersosialisasi;
- Mengembangkan potensi yang telah dimiliki anak;
- Mempersiapkan anak untuk memasuki pendidikan dasar;
II.
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
Taman Kanak-Kanak ( TK ) dan
Raudhatul Athfal ( RA ) merupakan bentuk pendidikan anak usia dini pada jalur
pendidikan formal. TK dan RA bukan persyaratan untuk memasuki SD dan MI.Periode
belajar di TK dan RA adalah 1 tahun ( TK.A dan RA.A atau TK.B dan RA.B ) atau 2
tahun ( TK.A dan RA.A serta TK.B dan RA.B )
A.
Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum di TK dan RA memuat dua
bidang pengembangan, yaitu Pengembanan Pembiasaan dan Pengembangan Kemampuan
Dasar. Kedua bidang pengembangan tersebut serta alokasi waktunya sebagai
berikut:
STRUKTUR KURIKULUM TK / RA .......................................
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
BIDANG PENEMBANGAN
|
ALOKASI WAKTU
|
|
A. Pembiasaan
|
1. Moral dan nilai-nilai
Agama
|
Pendekatan
TEMATIK
|
2. Sosial,Emosional,dan
Kemandirian
|
||
B. Kemampuan Dasar
|
1. Berbahasa
|
|
2. Kognitif
|
||
3. Fisik / Motorik
|
||
4. Seni
|
||
Alokasi Waktu per Minggu
|
15 Jam
|
B. Muatan Kurikulum di TK / RA
......................................
Muatan kurikulum meliputi bidang Pengembangan Pembiasaan dan Bidang
Pengemangan Kemampuan Dasar.
1. Bidang Pengembangan Pembiasaan
Bidang Pengembangan Pembiasan merupakan kegiatan yang dilakukan scara
terus menerus dan ada dalam kehidupan sehari-hari anak shingga menjadi kebiasaan
yang baik meliputi aspek perkembangan :
1. Moral dan Nilai-nilai Agama
2. Sosial, Emosional, dan Kemandirian
1. Moral dan nilai-nilai Agama
Tujuan :
Agar anak dapat meningkatkan ketaqwaan anak terhadap Tuhan Yan Maha Esa
dan membina sikap anak dalam rangka meletakkan dasar agar anak menjadi warga
negara yang baik.
2. Sosial, Emosional, dan
kemandirian
Tujuan :
Agar anak dapat mengendalikan emosinya secara wajar dan dapat
berinteraksidengan sesamanya maupun dengan orang dewasa dengan baik serta dapat
menolong dirinya sendiri dalam rangka kecakapan hidup.
Bidang Pengembangan Pembiasaan dapat dilakukan dengan cara :
1. Kegiatan rutin :
Kegiatan yang dilakukan di TK/RA sehari-hari seperti; “ Berbaris,
berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, menyanyi lagu-lagu yang dapat
membangkitkan patriotisme, lagu-lagu religius keagamaan, menggosok gigi,
berjabat tangan, menucap salam, mengembalikan permainan pada empatnya”.
2. Kegiatan spontan :
Kegiatan yang dilakukan secara spontan misalnya ;” Meminta tolong dengan
baik, menawarkan bantuan dengan baik, memberi capan selamat dengan baik, dan
menjenguk teman sakit “.
3. Pemberian Telaan :
Kegiatan yang diberikan denganmemberikan teladan / contoh yang baik
kepada anak misalnya;” Memungt sampah, mengucap salam, rapidalam berpakaian,
hadir di TK/RA tepat waktu, santun dalam bertutur kata, tersenyum ketika
berjumpa “.
2.
Pengembangan Kemampuan Dasar
Bidang pengembangan kemampuan dasar merupakan kegiatan
yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak
sesuai dengan tahap perkembangannya yaitu :
1. Berbahasa
2. Kognitif
3. Fisik / Motorik
4. Seni
1. Berbahasa
Tujuan :
Agar anak mampu mengungkakan pikiran melalui bahasa yang sederhana
secara tepat, berkomunikasi secara efektif, dan membangkitkan minat anak untuk
berbahasa Indonesia.
2. Kognitif
Tujuan :
Agar anak mampu mengolah perolehan belajarnya, menemukan bermacam-macam
alternatif pemecahan masalah, mengembangkan kemampuan logika matematika,
pengetahuan ruang dan waktu, kemampuan memilah dan mengelompokkan dan persiapan
pengembangan kemampuan berfikir teliti.
3. Fisik / Motorik
Tujuan :
Untuk memperkenalkan dan melatih gerakan kasar dan halus, meningkatkan
kemampuan mengelola, mengontrol gerakan tubuh dan koordinasi,serta meningkatkan
ketrampilan dan cara hidup sehat sehingga dapat menunjang pertumbuhan jasmani
yang sehat, kuat dan trampil.
4. Seni
Tujuan :
Agar anak dapat menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imajinasinya dan
dapat menhargai hasil kreativitas orang lain.
4. Pengaturan Beban Belajar
Pengaturan Beban Belajar di TK/RA .................................. sebagai
berikut :
BEBAN BELAJAR DI TK/RA
..............................................
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
SATUAN PENDIDIKAN
|
KELAS
|
PEMBELAJARAN TATAP MUKA
( Per Hr )
|
JUMLAH JAM PEMBEL PER MINGGU
|
MINGGU EFEKTIF PER TAHUN PELAJARAN
|
WAKTU PEMBELAJARAN PER TAHUN
|
JUMLAH JAM
PER TAHUN
(@ 60
MENIT)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
TK/RA
|
A/B
|
2,5 jam
( 150 mt)
Per hari
|
15 jam
( 2250 mt )
|
36 Minggu
|
540 jam
(81.000 menit)
|
1350 jam
|
5. Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar
setiap aspek pengembangan yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar
berkisar antara 0 -100%.
KETUNTASAN BELAJAR
DI SEKOLAH TK / RA ......................................
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
BIDANG PENGEMBANGAN
|
KETUNTASAN BELAJAR
|
||
KELAS. A
|
KELAS. B
|
||
A. Pembiasaan
|
1. Moral dan nilai-nilai Agama
|
....... %
|
....... %
|
2. Sosial,Emosional,dan Kemandirian
|
....... %
|
....... %
|
|
B. Kemampuan
Dasar
|
1. Berbahasa
|
....... %
|
....... %
|
2. Kognitif
|
....... %
|
....... %
|
|
3. Fisik / Motorik
|
....... %
|
....... %
|
|
4. Seni
|
....... %
|
....... %
|
6. Kompetensi kenaikan Tingkat dan
Tamat Belajar
Kenaikan tingkat dan tamat belajar dilaksanakan pada
setiap akhir tahun ajaran dengan kriteria kenaikan tingkat / tamat belajar
dengan ketentuan,setelah mengikuti program Taman Kanak-Kanak ( TK ) dan
Raudhatul Athfal ( RA ) anak memilikikompetensi sebagai berikut :
- Mulai mengenali dan membiasakan berprilaku sesuai dengan ajaran agama yang diyakininya;
- Menunjukkan pemahaman positif tentang diri dan percaya diri, serta kemampuan untuk menolong diri sendiri;
- Mampu untuk berinteraksi dengan orang lain dan alamsekitar;
- Menunjukkan kemampuan berfikir runtut;
- Berkomonikasi secara efektif;
- Terbiasa hidup sehat;
- Menunjukkan perkembangan fisik;
7. Penentuan Tema UntukTK/RA ..........................
TP.2011/2012
Tema Semester 1 :
No
|
Tema
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Diri
sendiri ( Aku dan Pancaindra )
|
3
minggu
|
2
|
Lingkunganku
( Keluargaku,Rumah, dan Sekolah )
|
4
minggu
|
3
|
Kebutuhanku
( Makanan,Minuman,Pakaian,
Kesehatan,Kebersihan
dan Keamanan )
|
4
minggu
|
4
|
Binatang
|
3
minggu
|
5
|
Tanaman
|
3
minggu
|
6
|
Pengembangan
dan Pengayaan
|
1
minggu
|
|
JUMLAH
|
18 minggu
|
Tema Semester 2 :
No
|
Tema
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Rekreasi
( Kendaraan, Pesisir, dan Pegunungan )
|
4 minggu
|
2
|
Pekerjaan
|
3
minggu
|
3
|
Air,
Udara, dan Api
|
3
minggu
|
4
|
Alat
Komonikasi
|
2
minggu
|
5
|
Tanah
Airku ( Negaraku, Kehidupan di kota, dan di
Desa )
|
3
minggu
|
6
|
Alam
semesta ( Matahari,Bulan,Bintang,Bumi, Langit,
Dan
Gejala Alam )
|
3
minggu
|
|
JUMLAH
|
18 minggu
|
III. KALENDER PENDIDIKAN
Kalender pendidikan
anak usia dini mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif, waktu
pembelajaran efektif dan hari libur. Kalender pendidikan tersebut disesuaikan
dengan kondisi daerah setempat.
Permulaan tahun pelajaran di Taman Kanak-kanak dimulai pada hari Senin
minggu ketiga bulan Juli, dan apabila hari tersebut merupakan hari libur, maka
permulaan tahun pelajaran dimulai hari berikutnya yang bukan hari libur.
Hari – hari pertama masuk sekolah merupakan serangkaian kegiatan sekolah
pada permulaan tahun pelajaran baru yang dapat diisi dengan kegiatan masa
orientasi. Hari-hari pertama masuk sekolah berlangsung selama 3 hari diisi
serangkaian kegiatan yang bertujuan agar anak TK mengenal kehidupan lingkungan
TK. Kegiatan pada hari-hari pertama masuk TK meliputi :
·
Perkenalan dan sosialiasi
·
Penjelasan kepada orang tua dan anak tentang tata tertib
TK dan hal-hal lain-lain yang menyangkut kegiatan belajar mengajar.
PEMERINTAH
KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
SEKOLAH TK
/ RA ..................................
KECAMATAN
……………………………
Alamat :
..................................... Kec. ................ Kab. Lampung Timur
KEPUTUSAN
KEPALA TK /
RA ...............................................
Nomor : 420/............../Kep/VII/2011
TENTANG
KURIKULUM
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
TK / RA
.................................................
TAHUN
PELAJARAN 2011/2012
Menimbang :
|
Bahwa dalam rangka
penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran yang efektif, perlu adanya
dokumen yang dapat memberikan arahan kepada pendidik dan tenaga kependidikan,
maka TK/RA..................................... memandang perlu menyusun
kurikulum operasional sekolah;
|
|
Mengingat :
|
1.
2.
3.
|
Undang-undang Nomor 20 tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
Peraturan Pemerintah Nomor
19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Republik Indonesia Nomor 22, 23 dan 24 tahun 2006 tentang Standar
Isi, tandar Kompetensi Lulusan dan Pedoman Pelaksanaannya;
|
Memperhatikan :
|
1.
2.
|
Pedoman Penyusunan KTSP dari BSNP;
Hasil rapat kerja dewan pendidik, komite sekolah
dan koselor / nara sumber dengan materi pokok pembahasan kurikulum operasional
TK/RA..........................................;
|
MEMUTUSKAN
|
||
Menetapkan :
|
1.
2.
3.
4.
|
Menetapkan dan mengesahkan susunan Tim Penyusun KTSP TK/RA ...........................
tahun pelajaran 2011 / 2012;
KTSP sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mencakup
pedoman umum, struktur program, kalender pendidikan dan silabus;
Sehubungan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud
pada ayat (1) penyempurnaan kurikulum dapat dilakukan sewaktu-waktu;
KTSP TK/RA ...................................
dinyatakan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan;
|
Ditetapkan di :
.......................
Pada Tanggal : 11 Juli 2011
Kepala
TK/RA .........................
Kecamatan
Raman Utara
..........................................
NIP.
PEMERINTAH
KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
SEKOLAH TK
/ RA .......................................
KECAMATAN
.................................................
Alamat :
.................................... Kec................... Kab. Lampung Timur
LAMPIRAN :
Surat Keputusan Kepala TK/RA.................................
Nomor :
420/.........../Kep/VII/2011
Tanggal :
11 Juli 2011
TIM
PENYUSUN
KURIKULUM
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP )
SEKOLAH
TK/RA .........................................
TP 2011/2012
NO
|
NAMA
|
JABATAN
|
KETERANGAN
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
|
Ketua ( Kepala Sek )
Sekertaris
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Komite Sekolah
Konselor/Nara sumber
|
|
Ditetapkan di : ......................
Pada Tanggal : 11 Juli 2011
Kepala
TK/RA.........................
Kecamatan
Raman Utara
..........................................
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar