Cari Blog Ini

Senin, 06 Agustus 2012

NASIB GURU PASCA UKG



NASIB GURU, PASCA UKG 
NASIB GURU, PASCA UKG
Nasib Guru, keberadaan Guru, dan segala seluk beluk tentang guru memang harus setiap saat dan selalu kita perbincangkan karena kita semua pasti yakin betul ditangan Bapak Ibu guru lah kita sandarkan dan kita bebankan harapan besar akan lahirnya generasi Indonesia yang cerdas, bertakwa, dan berkarakter. Sebagai bagian masyarakat yang peduli akan kemajuan pendidikan di Indonesia, pastilah kita akan memandang permasalahan  pendidikan ini secara holistic.
UKG adalah cermin setelah bercermin itulah NASIB KITA, akan berbenah atau mencari siapa yang salah.
Kalau berbicara normatif tentang NASIB GURU PASCA UKG, kita bisa membaca PEDOMAN UKG (Uji Kompetensi Guru) bahwa diadakannya UKG bertujuan untuk :
1. Pemetaan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
2. Sebagai entry point penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru.
Program pengembangan keprofesian berkelanjutan dan penilaian kinerja guru wajib dilakukan setiap tahunnya sebagai persyaratan untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru.
Dari Tujuan UKG Tersebut ada beberapa kata kunci yang perlu dicermati :
1. Pemetaan
2. Pembinaan
3. Penilaian kinerja
4. Alat kontrol
Bentuk program kegiatan setelah diketahuinya hasil UKG pasti telah di rencanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar