Menentukan Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata
peserta didik. Kompleksitas,Kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung,
meliputi : Warga sekolah, sarana dan Prasarana dalam penyelenggaraan
pembelajaran. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria ketuntasan
belajar secara terus menerus untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Ideal.
Hal-hal yang harus
diperhatikan dalam menentukan KKM adalah SBB:
1.
Hitung
jumlah Kompetensi dasar(KD) setiap mata pelajaran setiap kelas
2.
Tentukan
kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen, sesuaikan dengan kemampuan
masing-masing aspek :
a.
Aspek
Kompleksitas :
Semakin kompleks
(sukar) KD, maka nilainya semakin rendah, tetapi semakin mudah KD maka nilainya
semakin tinggi
b.
Aspek
Sumber Daya pendukung (Pendidik Sarana dan Prasarana)
Semakin tinggi sumber
daya pendukung, maka nilainya semakin tinggi’
c.
Aspek
Intake
Semakin tinggi
kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi
Kompleksitas = Sulit nilai 1
Sedang nilai 2
Mudah nilai 3
Daya Dukung = Tinggi nilai 3
Sedang nilai 2
Kurang nilai 1
Intake Siswa =
Tinngi nilai 3
Sedang nilai 2
Kurang nilai 1
3.
Skor
Perolehan
-------------------- x 100 %
Skor maksimal
Contoh 1. dari satu KD Kompleksitasnya Sedang nilai =
2
Daya
Dukungnya kurang nilai = 1
Intake
siswa sedang nilai
= 2
Jumlah = 5
5
Jadi KKM KD tersebut adalah -------- x
100 % = 55
9
4.
Jumlahkan
seluruh KKM KD selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan KKM Mata
Pelajaran.
5.
KKM
setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama tergantung pada kompleksitas
KD, daya dukung dan potensi siswa .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar