Cari Blog Ini

Rabu, 04 Juli 2012

PERANAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN


.
            Dalam proses pembelajaran tanpa menggunakan media pendidikan sering dilakukan di dalam proses belajar mengajar. Hal ini dikenal juga sebagai pembentuk pembelajaran tradisional dan yang paling umum adalah metode ceramah. Penggunaan metode ini dalam proses pembelajaran  akan bersifat verbal karena guru menyampaikan informasi dalam bentuk lisan atau biasa disertai penulisan di papan tulis. (Hamalik, 1994)
            Secara sederhana metode ceramah ini paling mudah dilaksanakan dan paling sering digunakan oleh guru. Menurut Haryanti (2001), proses belajar mengajar dari sistem seperti ini adalah model pembelajaran dengan komunikasi satu arah (Teaching Directed), dimana yang aktif 90% adalah model, pengajaran seperti itu dianggap kurang mengeksplorasi wawasan pengetahuan siswa, sikap dan perilaku siswa karena selama ini proses belajar mengajar apabila konsentarasi siswa kurang optimal, maka siswa akan mendapatkan kesulitan untuk menerima materi yang diajarkan saat itu., sehingga sulit juga bagi siswa untuk menyimpan materi tersebut dalam ingatan atau memori atau kesan siswa. Kekurangan inilah yang besar pengaruhnya dan dapat menghambat kegiatan belajar siswa, khususnya apabila siswa tidak termotivasi dengan baik dan materi yang diajarkan bersifat kompleks.
            Untuk menjelaskan konsep-konsep tertentu dalam proses pembelajaran kadang timbul kesan yang bersifat abstrak seperti halnya dalam konsep perhubungan dan pengangkutan. Sehingga siswa masih sulit memahami apabila hanya diajarkan dengan menggunakan metode ceramah. Dalam mempelajari dan memahami suatu konsep, ada 4 cara untuk melihat kenyataan yaitu: 1) berfikir, 2) merasakan, 3) mengindera, dan 4) percaya. Untuk merasakan, mengindera dan percaya siswa membutuhkan lebih dari sekedar metode ceramah melainkan dengan menggunakan  metode - metode  pengajaran  yang relevan  dengan  kondisi siswa, sekolah, dan lingkungan sekitarnya.
            Menurut Oemar Hamalik, manfaat atau peranan dari penggunaan media dalam proses belajar mengajar adalah :
1.    Meletakkan dasar-dasar yang konkrit dalam berfikir dan mengurangi verbalisme.
2.    Memperbesar perhatian siswa dalam proses belajar mengajar.
3.    Meletakkan dasar-dasar yang pentinguntuk perkembangan proses belajar mengajar dan membuat pelajaran yang mantap.
4.    Menumbuhkan pemikiran yang teratur, lentur dan kontinyu terutama melalui gambar hidup membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
5.    Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain dan membantu efisiensi dan keragaman yang lebih banyak dalam belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar