Cari Blog Ini

Kamis, 05 Juli 2012

RKH BERKARAKTER


Contoh  RKH Model Pembelajaran dengan Kelompok

                  Kelompok B RENCANA KEGIATAN HARIAN
KELOMPOK                          :  A
SEMESTER/MINGGUAN      :  I/1
TEMA/SUB TEMA                 :  DIRI SENDIRI/MENGENAL DIRIKU
HARI, TANGGAL                  :  SENIN 21 JULI 2006
WAKTU                                  :  7.30 – 10.15


INDIKATOR

KEGIATAN PEMBELAJARAN


ALAT/SUMBER BELAJAR
PENILAIAN PERKEMBNGAN ANAK

ALAT


HASIL





- Menyebutkan nama diri,
  nama orangtua, jenis kelamin
  dan alamat rumah dengan
  lengkap dan benar


- Berjalan keberbagai arah
  dengan berbagai cara
  misalnya berjalan maju
  diatas garis lurus, berjalan
  diatas papan titian, berjalan
  kedepan dengan tumit,
  berjalan dengan jinjit (angkat
  tumit), berjalan mundur.





Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, tanah liat.

Membilang dengan menunjukkan konsep bilangan (angka atau konsep bilangan dengan benda-benda)

Mewarnai bentuk gambar sederhana



- Menyebutkan
  posisi/keterangan tempat
  misalnya di luar, di dalam, di
  atas, di bawah,di depan, di
  kiri, di kanan.



Upacara bendera

Kegiatan awal  1 - 30 menit


- Bernyanyi, berdo’a dan salam
- Tanya jawab tentang nama diri




- Pemberian tugas berjalan lurus 
  kedepan








Kegiatan Inti +  60 menit
Area Seni / Motorik

Membentuk orang dengan plastisin



Pemberian tugas
Membilang/mengenal konsep bilangan 1 – 2


Mewarnai gambar orang


Kegiatan Akhir +  30 menit

- Tanya jawab tentang posisi di atas-
   di bawah


- Diskusi tentang kegiatan hari ini
  dan besok.

- Bercerita ”Bangun pagi”.

- Menyanyi, berdo’a pulang

- Tiang Bendera dan
   bendera



- Anak langsung
- Anak langsung




- Kapur tulis, garis ubin












- Plastisin



Gambar orang
Buah-buahan tiruan, dll



- Crayon
- Gambar - gambar



- Anak langsung, meja
   bola


Anak langsung


- Buku cerita

- Anak langsung
- Observasi




Observasi
Percakapan




- Unjuk kerja












Penugasan



Penugasan




Hasil karya




Penugasan



Observasi


Observasi

Observasi




v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin,Tekun  ,Tanggung jawab ,Ketelitian ,Kerja sama  ,Toleransi ,Percaya diri ,Religius,Kemandirian,Kebersihan, Sopan santun  dll.


                                                                                                                                                                       

Labuhan Ratu,.............................................
            Mengetahui                                                                                                                           
Kepala TK ................................                                                                                            Guru Kelompok A




(....................................)                                                                                                          (...........................................)
NIP.                                                                                                                                        NIP.







Contoh  RKH Model Pembelajaran dengan Kelompok
                  Kelompok B
RENCANA KEGIATAN HARIAN
KELOMPOK B
Semester/Minggu               : I/1
Tema/Sub Tema                 : Diri Sendiri/Mengenal diriku
Hari Tanggal                        : Senin, 31 Juli 2006
Waktu                                    : 7.30 – 10.15

INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT/SUMBER PEMBELAJARAN
PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
ALAT
HASIL




- Menyebutkan nama diri,
  nama orangtua, jenis kelain,
  tanggal dan bulan
  kelahirannya, alamat rumah
  dengan lengkap. (B)
- Melambungkan berbagai
  obyek berbgai bentuk dan
  ukuran dengan satu atau
  dua tangan secara
  sederhana. (F).



- Menggambar bebas dengan
  Berbagai media (krayon,
  kapur tulis, pensil warna,
  arang dan bahan alam)
  dengan rapi (S).

- Mengurus dirinya sendiri
  tanpa bantuan misalnya
  berpakaian sendiri, makan
  sendiri dan lain-lain. (C)

- Mengelompokkan berbagai
  benda dengan cara yang
  diketahui nak misalnya
  menurut warna, bentuk,
  jenis ukuran dan lain-lain.
 
(K).










- Menyanyi lebih dari 20 lagu   anak-anak


Upacara Bendera

Kegiatan Awal  ± 30 menit
-  Bernyanyi, berdoa
- Tanya jawab tentang nama
  diri dan jenis kelamin





- Pemberian tugas
  melambungkan balon





Kegiatan Inti ± 60 menit

I.   Menggambar bebas
     dengan krayon.




II.  Pemberian tugas
     memakai baju



III. Pemberian tugas
     mengelompokan gambar
     laki-laki dan perempuan.





Istirahat/Bermain ± 30 menit

- Mencuci tangan sebeum dan
  sesudah makan.
- Berdo’a sebelum dan sesudah
  makan
- Bermain


Kegiatan akhir ± 30 menit
- Menyanyi lagu “Anak Baru”

- Diskusi Kegiatan hari ini dan
  kegiatan esok hari
- Menyanyi, berdo’a pulang
- Bendera
- Tiang Bendera


- Anak Langsung






- Balon








- Kertas/buku gambar,
   krayon.




- Baju yang berkancing




- Gambar lai-laki dan
   perempuan








- Air, serbet, bekal makan.



- Alat bermain di luar kelas




- Anak langsung

- Anak langsung
- Observasi
- Observasi


- Percakapan






- Unjuk Kerja








- Hasil Karya





- Unjuk Kerja




- Penugasan









- Observasi








- Unjuk kerja

- Percakapan




v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin  ,Tekun  ,Tanggung jawab ,Ketelitian ,Kerja sama
Toleransi ,Percaya diri ,Religius,Kemandirian,Kebersihan, Sopan santun  dll.


           
Labuhan Ratu,.............................................
Mengetahui                                                                                                                           
Kepala TK ................................                                                                                            Guru Kelompok A




(....................................)                                                                                                          (...........................................)
NIP.                                                                                                                                        NIP.






Contoh  RKh Model Pembelajaran dengan Sudut
               Kelompok A
RENCANA KEGIATAN HARIAN
KELOMPOK A
Semester/Minggu               : I/1
Tema/Sub Tema                 : Diri Sendiri/Mengenal diriku
Hari Tanggal                        : Senin, 21 Juli 2006
Waktu                                    : 7.30 – 10.15

INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT/SUMBER PEMBELAJARAN
PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
ALAT
HASIL





- Menyebutkan nama diri,
  nama orangtua, jenis
  kelamin, tanggal dan bulan
  kelahirannya,alamat
  rumah dengan lengkap (B).

- Berjalan ke berbagai arah dengan brbagai cara misalnya berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan ke depan dengan tumit, berjalan ke depan, jinjit (angkat tumit), berjalan, mundur.

- Menciptakan dua bentuk bangunan dari balok (S).



- Memasang dan membuka tali sepatu (P)


- Membilang dengan menunjuk benda
   ( mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 5) (K)

- Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil warna, crayon, arang, kaur, dll) (S).
 








- Menyebutkan posisi/keterangan tempat, misalnya di luar, di dalam, di atas, di bawah, di depan di kiri, di kanan, dsb (B).
- Menyanyi minimal 20 lagu
  anak-anak (S)


Upacara Bendera  ± 15 menit
I. Kegiatan Awal  ± 30 menit
   (kalsikal)
-   Bernyanyi, berdoa, salam
-  Tanya jawab tentang nama
diri

-   Pemberian tugas berjalan lurus
kedepan....





Sudut pembangunan
- Pemberian tugas
menciptakan bentuk  bangunan dari balok

Sudut keluarga
-  Pemberian tugas memasang
   tali sepatu
Sudut kebudayaan
-  Pemberian tugas mengenal konsep bilangan dengan benda-benda 1-2

Sudut Kebudayaan
- Menggambar bebas dengan   krayon


ISTIRAHAT/MAKAN ± 30 MENIT
Mencuci tangan, berdo’a sebelum dan sesudah makan, bermain



KEGIATAN AKHIR ±30 MENIT
Tanya jawab tentang posisi, di atas, di bawah


- Menyanyi lagu “Anak Baru”
- Diskusi Kegiatan hari ini
- Menyanyi, berdo’a pulang
-   Bendera dan tiang   Bendera



-   Anak Langsung





-   Garis ubin








- Balok berbagai ukuran dan
   warna



- Sepatu anak


-  Lambang bilangan
-  Tutup botol
-  Batu-batuab, dll



- Buku gambar, krayon





-  Kue, minum anak, serbet, air, alat bermain di luar




- Meja guru/anak langsung,
   bola


- Anak langsung
- Observasi




- Percakapan





- Unjuk kerja








- Hasil Kerja




Penugasan



Penugasan





Penugasan





Observasi





Observasi

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin  ,Tekun  ,Tanggung jawab ,Ketelitian ,Kerja sama
Toleransi ,Percaya diri ,Religius,Kemandirian,Kebersihan, Sopan santun  dll.



Labuhan Ratu,.............................................
Mengetahui                                                                                                                           
Kepala TK ................................                                                                                            Guru Kelompok A




(....................................)                                                                                                          (...........................................)
NIP.                                                                                                                                        NIP.




Lampiran : 6b
 
 

Contoh  RKH Model Pembelajaran dengan Sudut
                  Kelompok B

RENCANA KEGIATAN HARIAN
Kelompok                             : B
Semester/Minggu               : I/1
Tema/Sub Tema                 : Diri Sendiri/Mengenal diriku
Hari Tanggal                        : Senin, 31 Juli 2006
Waktu                                    : 7.30 – 10.15

INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT/SUMBER PEMBELAJARAN
PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
ALAT
HASIL



- Menyebutkan nama diri,
  nama orangtua, jenis
  kelamin, tanggal dan bulan
  kelahirannya,alamat
  rumah dengan lengkap (B).

- Melambungkan berbagai
  obyek berbagai bentuk dan
  ukuran dengan satu atau
  dua tangan secara
  sederhana (F)

- Menggambar bebas dengan
  berbagai media (krayon,
  kapur tulis, pensil warna,
  arang dan bahan alam)
  dengan rapi (S)

- Mengurus dirinya sendiri
  tanpa bantuan misalnya
  berpakaian sendiri, makan
  sendiri dan lain-lain (P)

- Mengelompokkan berbagai
  benda dengan cara yang
  diketahui anak misalnya
  menurut warna, bentuk,
  jenis, ukuran dan lain-lain    
  (K)
 

- Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk atau warna 3-4 pola yang berurutan misalnya merah, putih, kuning, merah, putih, kuning, merah........(K)











- Menyanyi lebih dari 20 lagu
  anak-anak (S)


Upacara Bendera  ± 15 menit

I. Kegiatan Awal  ± 30 menit
-  Bernyanyi, berdoa, salam
- Tanya jawab tentang nama
   diri dan jenis kelamin





- Pemberian tugas
  melambungkan balon




Kegiatan Inti ± 60 menit
Sudut Kebudayaan
- Menggambar bebas dengan
   crayon



Sudut Keluarga
- Pemberian tugas
  memakai baju


Sudut Keluarga
- Pemberian tugas
  mengelompokkan gambar laki-
  laki dan perempuan.





Sudut Bahasa
- Pemberian tugas mengurutkan2
  pola warna, merah, kuning



Istirahat/Bermain ± 30 menit
- Mencuci tangan sebelum dan
  sesudah makan.
- Berdo’a sebelum dan sesudah
  makan
- Bermain

Kegiatan akhir ± 30 menit

- Menyanyi lagu “Anak Baru”

- Diskusi Kegiatan hari ini dan
  kegiatan esok hari
- Menyanyi, berdo’a pulang
- Bendera
- Tiang Bendera

- Anak Langsung
- Anak Langsung






- Balon






Kertas/buku gambar,
krayon.




- Baju yang berkancing




- Gambar lai-laki dan
   perempuan









- Keping Geometri







- Air, serbet, bekal anak






- Anak langsung

- Anak langsung

- Anak langsung
- Observasi


- Observasi
- Percakapan






- Unjuk Kerja






Hasil Karya





- Unjuk Kerja




- Penugasan










- Unjuk Kerja







- Observasi






- Unjuk kerja

- Observasi

- Observasi


v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) ,Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation )
                                                                   Toleransi ( Tolerance ),Percaya diri ( Confidence ),Religius,Kemandirian,Kebersihan, Sopan santun  dll.
Lampung Timur, ......................
            Mengetahui                                                                                                                           
Kepala TK ................................                                                                                            Guru Kelompok A



(....................................)                                                                                                          (...........................................)
NIP.                                                                                                                                        NIP.

Lampiran : 7a
 
 


RKH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN AREA
UNTUK KELOMPOK A

RENCANA KEGIATAN HARIAN
KELOMPOK                          :  A
SEMESTER/MINGGUAN      :  I/1
TEMA/SUB TEMA                 :  DIRI SENDIRI/MENGENAL DIRIKU
HARI, TANGGAL                  :  SENIN 21 JULI 2006
WAKTU                                  :  7.30 – 10.15


INDIKATOR

KEGIATAN PEMBELAJARAN


ALAT/SUMBER BELAJAR
PENILAIAN PERKEMBNGAN ANAK

ALAT


HASIL




- Menyebutkan nama diri,
  nama orangtua, jenis kelamin
  dan alamat rumah dengan
  lengkap dan benar

- Berjalan keberbagai arah
  dengan berbagai cara
  misalnya berjalan maju
  diatas garis lurus, berjalan
  diatas papan titian, berjalan
  kedepan dengan tumit,
  berjalan dengan jinjit (angkat
  tumit), berjalan mundur.




Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, pledoug/tanah liat.

Mewarnai bentuk gambar sederhana




Membilang dengan menunjuk benda( mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 5)

- Memasang dan membuka
  tali sepatu











- Menyebutkan
  posisi/keterangan tempat
  misalnya di luar, di dalam, di
  atas, di bawah,di depan, di
  kiri, di kanan.



Upacara bendera

Kegiatan awal  1 - 30 menit

- Bernyanyi, berdo’a dan salam
- Tanyajawab tentang nama diri



- Pemberian tugas berjalan lurus 
  kedepan







Kegiatan Inti +  60 menit
Area Seni / Motorik

Membentuk orang dengan plastisin



Mewarnai gambar orang


Area matematika/berhitung


Pemberian tugas membilang dengan benda-benda 1 – 2


Area Drama
Pemberian tugas memasang tali sepatu

Istirahat/makan (+ 30 menit)

- Mencuci tangan, berdo’a sebelum
  dan sesudah makan.

- Bermain.

Kegiatan Akhir + 30 menit

- Tanya jawab tentang posisi di atas-
   di bawah


- Diskusi tentang kegiatan hari ini
  dan besok.
- Bercerita ”Bangun pagi”.
- Menyanyi, berdo’a pulang

- Tiang Bendera dan
   bendera


- Anak langsung
- Anak langsung



- Kapur tulis, garis ubin











- Plastisin,
- Alas plastisin


- Crayon
- Kertas gambar




Gambar orang, buah-buahan tiruan, dll



Sepatu anak




Air, serbet, Bekal anak


Alat bermain diluar kelas



- Anak langsung, meja
   bola


- Buku cerita

- Anak langsung
- Observasi



Observasi
Percakapan



- Unjuk kerja











Penugasan



Hasil karya





Penugasan




Unjuk kerja




Observasi







- Penugasan



- Observasi

- Observasi


v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) ,Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance ),Percaya diri ( Confidence ),Religius,Kemandirian,Kebersihan, Sopan santun  dll.


Lampung Timur, ......................
            Mengetahui                                                                                                                           
Kepala TK ................................                                                                                            Guru Kelompok A



(....................................)                                                                                                          (...........................................)
NIP.                                                                                                                                        NIP.

Lampiran : 7b
 
 

Contoh  RKH Model Pembelajaran dengan Area
                  Kelompok B
RENCANA KEGIATAN HARIAN
Kelompok                             : B
Semester/Minggu               : I/1
Tema/Sub Tema                 : Diri Sendiri/Mengenal diriku
Hari Tanggal                        : Senin, 31 Juli 2006
Waktu                                    : 7.30 – 10.15

INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT/SUMBER PEMBELAJARAN
PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
ALAT
HASIL





- Menceritakan
  pengalaman/kejadian
  sederhana dengan urut (B)
- Menyebutkan nama diri,
nama orangtua, jenis  kelamin, tanggal dan bulan kelahiran, alamat
rumah dengan lengkap (B)
- Melambungkan berbagai
obyek berbagai bentuk dan   ukuran dengan satu atau   dua tangan secara   sederhana (F).


- Menggambar bebas dengan
  berbagai media (krayon,
  kapur tulis, pensil warna,
  arang dan bahan alam)
  dengan rapi (S)
- Mengurus dirinya sendiri
  tanpa bantuan misalnya
  berpakaian sendiri, makan
  sendiri dan lain-lain (P)
- Mengelompokkan berbagai
benda dengan cara yang
diketahui nak misalnya
menurut warna, bentuk,
jenis ukuran dan lain-lain (K).
 
- Menyusun balok berbagai
  ukuran menjadi bentuk
  tertentu.











- Menyanyi lebih dari 20 lagu
  anak-anak


Upacara Bendera

I. Kegiatan Awal  ± 30 menit
-  Bernyanyi, berdoa

- Berbagi cerita dengan teman



- Tanya jawab tentang nama
  diri dan jenis kelamin




- Pemberian tugas
  melambungkan balon




II. Kegiatan Inti ± 30 menit

- Area Seni
   Menggambar bebas
   dengan krayon.



- Area Drama
  Pemberian tugas
  “memakai baju”


- Area Matematika
   Pemberian tugas
   mengelompokan gambar
   laki-laki dan perempuan.




- Area Balok
  Pemberian tugas menyusun
  balok dengan berbagai ukuran
Istirahat/Bermain ± 30 menit

- Mencuci tangan sebelum dan
  sesudah makan.
- Berdo’a sebelum dan sesudah
  makan
- Bermain

Kegiatan akhir ± 30 menit
- Menyanyi lagu “Anak Baru”
- Diskusi Kegiatan hari ini dan
  kegiatan esok hari
- Bercerita tentang “Temn Baru”
- Menyanyi, berdo’a pulang
- Bendera
- Tiang Bendera

- Anak Langsung

- Anak Langsung



- Anak Langsung





- Balon







- Kertas/buku gambar,
   krayon.




- Baju yang berkancing




- Gambar lai-laki dan
   perempuan






- Balok berbagai ukuran






- Air, serbet, bekal makan.



- Alat bermain di luar kelas


- Anak langsung

- Anak langsung

- Anak langsung
- Anak langsung
- Observasi


- Observasi

- Observasi



- Percakapan





- Unjuk Kerja







- Hasil Karya





- Unjuk Kerja




- Penugasan







- Unjuk Kerja






- Observasi






- Unjuk kerja

- Observasi

- Observasi
- Observasi

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) ,Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance ),Percaya diri ( Confidence ),Religius,Kemandirian,Kebersihan, Sopan santun  dll.


Lampung Timur, ......................
            Mengetahui                                                                                                                           
Kepala TK ................................                                                                                            Guru Kelompok A




(....................................)                                                                                                          (...........................................)
NIP.                                                                                                                                        NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar