Contoh RKH Model Pembelajaran dengan
Kelompok
Kelompok B RENCANA KEGIATAN HARIAN
KELOMPOK : A
SEMESTER/MINGGUAN :
I/1
TEMA/SUB
TEMA : DIRI
SENDIRI/MENGENAL DIRIKU
HARI,
TANGGAL : SENIN 21 JULI 2006
WAKTU : 7.30 – 10.15
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALAT/SUMBER BELAJAR
|
PENILAIAN PERKEMBNGAN ANAK
|
|
ALAT
|
HASIL
|
|||
- Menyebutkan
nama diri,
nama orangtua, jenis kelamin dan alamat rumah dengan lengkap dan benar
- Berjalan
keberbagai arah
dengan berbagai cara misalnya berjalan maju diatas garis lurus, berjalan diatas papan titian, berjalan kedepan dengan tumit, berjalan dengan jinjit (angkat tumit), berjalan mundur.
Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, tanah liat.
Membilang dengan menunjukkan konsep bilangan (angka atau konsep bilangan
dengan benda-benda)
Mewarnai bentuk gambar sederhana
- Menyebutkan
posisi/keterangan tempat misalnya di luar, di dalam, di atas, di bawah,di depan, di kiri, di kanan. |
Upacara bendera
Kegiatan awal
1 - 30 menit
- Bernyanyi,
berdo’a dan salam
- Tanya jawab
tentang nama diri
- Pemberian
tugas berjalan lurus
kedepan
Kegiatan Inti + 60 menit
Area Seni / Motorik
Membentuk orang
dengan plastisin
Pemberian tugas
Membilang/mengenal
konsep bilangan 1 – 2
Mewarnai gambar
orang
Kegiatan Akhir + 30 menit
- Tanya jawab
tentang posisi di atas-
di bawah
- Diskusi
tentang kegiatan hari ini
dan besok.
- Bercerita
”Bangun pagi”.
- Menyanyi,
berdo’a pulang
|
- Tiang Bendera
dan
bendera
- Anak langsung
- Anak langsung
- Kapur tulis,
garis ubin
- Plastisin
Gambar orang
Buah-buahan
tiruan, dll
- Crayon
- Gambar -
gambar
- Anak
langsung, meja
bola
Anak langsung
- Buku cerita
- Anak langsung
|
-
Observasi
Observasi
Percakapan
-
Unjuk kerja
Penugasan
Penugasan
Hasil
karya
Penugasan
Observasi
Observasi
Observasi
|
|
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin,Tekun
,Tanggung jawab ,Ketelitian ,Kerja
sama ,Toleransi ,Percaya diri
,Religius,Kemandirian,Kebersihan, Sopan santun dll.
|
Labuhan Ratu,.............................................
Mengetahui
Kepala TK ................................ Guru Kelompok A
(....................................) (...........................................)
NIP. NIP.
Contoh RKH Model Pembelajaran dengan
Kelompok
Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARIAN
KELOMPOK
B
Semester/Minggu : I/1
Tema/Sub Tema : Diri
Sendiri/Mengenal diriku
Hari Tanggal :
Senin, 31 Juli 2006
Waktu :
7.30 – 10.15
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT/SUMBER
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
PERKEMBANGAN ANAK
|
|
ALAT
|
HASIL
|
|||
- Menyebutkan nama diri,
nama orangtua, jenis kelain, tanggal dan bulan kelahirannya, alamat rumah dengan lengkap. (B)
- Melambungkan berbagai
obyek berbgai bentuk dan ukuran dengan satu atau dua tangan secara sederhana. (F).
- Menggambar bebas dengan
Berbagai media
(krayon,
kapur tulis,
pensil warna,
arang dan bahan alam)
dengan rapi (S).
- Mengurus dirinya sendiri
tanpa bantuan misalnya berpakaian sendiri, makan sendiri dan lain-lain. (C)
- Mengelompokkan berbagai
benda dengan cara yang diketahui nak misalnya menurut warna, bentuk, jenis ukuran dan lain-lain. (K).
- Menyanyi lebih dari 20 lagu anak-anak
|
Upacara Bendera
Kegiatan Awal ± 30 menit
- Bernyanyi,
berdoa
- Tanya jawab tentang nama
diri dan jenis kelamin
- Pemberian tugas
melambungkan balon
Kegiatan Inti ± 60 menit
I. Menggambar
bebas
dengan krayon.
II. Pemberian
tugas
memakai baju
III. Pemberian tugas
mengelompokan gambar laki-laki dan perempuan.
Istirahat/Bermain ± 30 menit
- Mencuci tangan sebeum dan
sesudah makan.
- Berdo’a sebelum dan sesudah
makan
- Bermain
Kegiatan akhir ± 30 menit
- Menyanyi lagu “Anak Baru”
- Diskusi Kegiatan hari ini dan
kegiatan esok hari
- Menyanyi, berdo’a pulang
|
- Bendera
- Tiang Bendera
- Anak Langsung
- Balon
- Kertas/buku gambar,
krayon.
- Baju yang berkancing
- Gambar lai-laki dan
perempuan
- Air, serbet, bekal makan.
- Alat bermain di luar kelas
- Anak langsung
- Anak langsung
|
- Observasi
- Observasi
- Percakapan
- Unjuk Kerja
- Hasil Karya
- Unjuk Kerja
- Penugasan
- Observasi
- Unjuk kerja
- Percakapan
|
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ,Tekun
,Tanggung jawab ,Ketelitian ,Kerja
sama
Toleransi
,Percaya
diri ,Religius,Kemandirian,Kebersihan, Sopan santun dll.
|
Labuhan Ratu,.............................................
Mengetahui
Kepala TK ................................ Guru
Kelompok A
(....................................) (...........................................)
NIP. NIP.
Contoh RKh Model Pembelajaran dengan Sudut
Kelompok A
RENCANA KEGIATAN HARIAN
KELOMPOK A
Semester/Minggu : I/1
Tema/Sub Tema : Diri
Sendiri/Mengenal diriku
Hari Tanggal :
Senin, 21 Juli 2006
Waktu :
7.30 – 10.15
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT/SUMBER
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
PERKEMBANGAN ANAK
|
|
ALAT
|
HASIL
|
|||
- Menyebutkan nama diri,
nama orangtua, jenis kelamin, tanggal dan bulan kelahirannya,alamat rumah dengan lengkap (B).
- Berjalan ke berbagai arah dengan brbagai cara
misalnya berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papan titian,
berjalan ke depan dengan tumit, berjalan ke depan, jinjit (angkat tumit),
berjalan, mundur.
- Menciptakan dua bentuk bangunan dari balok (S).
- Memasang dan membuka tali sepatu (P)
- Membilang dengan menunjuk benda
( mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 5) (K)
- Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil warna, crayon, arang,
kaur, dll) (S).
- Menyebutkan posisi/keterangan tempat, misalnya di luar, di dalam, di
atas, di bawah, di depan di kiri, di kanan, dsb (B).
- Menyanyi minimal 20 lagu
anak-anak (S) |
Upacara Bendera ± 15 menit
I. Kegiatan Awal ± 30 menit
(kalsikal)
- Bernyanyi, berdoa, salam
- Tanya jawab tentang nama
diri
- Pemberian tugas berjalan lurus
kedepan....
Sudut pembangunan
- Pemberian tugas
menciptakan bentuk bangunan dari balok
Sudut keluarga
- Pemberian
tugas memasang
tali sepatu
Sudut kebudayaan
- Pemberian tugas mengenal konsep
bilangan dengan benda-benda 1-2
Sudut Kebudayaan
- Menggambar bebas dengan krayon
ISTIRAHAT/MAKAN ± 30 MENIT
Mencuci tangan, berdo’a sebelum dan sesudah makan,
bermain
KEGIATAN AKHIR ±30 MENIT
Tanya jawab tentang posisi, di atas, di bawah
- Menyanyi lagu “Anak Baru”
- Diskusi Kegiatan hari ini
- Menyanyi, berdo’a pulang
|
- Bendera dan tiang Bendera
- Anak Langsung
- Garis ubin
- Balok berbagai ukuran dan
warna
- Sepatu anak
- Lambang
bilangan
- Tutup botol
- Batu-batuab,
dll
- Buku gambar, krayon
- Kue, minum anak, serbet, air,
alat bermain di luar
- Meja guru/anak langsung,
bola
- Anak langsung
|
- Observasi
- Percakapan
- Unjuk kerja
- Hasil Kerja
Penugasan
Penugasan
Penugasan
Observasi
Observasi
|
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ,Tekun
,Tanggung jawab ,Ketelitian ,Kerja
sama
Toleransi ,Percaya diri ,Religius,Kemandirian,Kebersihan,
Sopan santun dll.
|
Labuhan Ratu,.............................................
Mengetahui
Kepala TK ................................ Guru
Kelompok A
(....................................) (...........................................)
NIP. NIP.
|
Contoh RKH Model Pembelajaran dengan Sudut
Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARIAN
Kelompok :
B
Semester/Minggu : I/1
Tema/Sub Tema : Diri
Sendiri/Mengenal diriku
Hari Tanggal :
Senin, 31 Juli 2006
Waktu :
7.30 – 10.15
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT/SUMBER
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
PERKEMBANGAN ANAK
|
|
ALAT
|
HASIL
|
|||
- Menyebutkan nama diri,
nama orangtua, jenis kelamin, tanggal dan bulan kelahirannya,alamat rumah dengan lengkap (B).
- Melambungkan berbagai
obyek berbagai bentuk dan ukuran dengan satu atau dua tangan secara sederhana (F)
- Menggambar bebas dengan
berbagai media
(krayon,
kapur tulis,
pensil warna,
arang dan bahan
alam)
dengan rapi (S)
- Mengurus dirinya sendiri
tanpa bantuan misalnya berpakaian sendiri, makan sendiri dan lain-lain (P)
- Mengelompokkan berbagai
benda dengan cara yang diketahui anak misalnya menurut warna, bentuk, jenis, ukuran dan lain-lain (K)
- Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat
bentuk atau warna 3-4 pola yang berurutan misalnya merah, putih, kuning,
merah, putih, kuning, merah........(K)
- Menyanyi lebih dari 20 lagu
anak-anak (S) |
Upacara Bendera ± 15 menit
I. Kegiatan Awal ± 30 menit
- Bernyanyi,
berdoa, salam
- Tanya jawab tentang nama
diri dan jenis kelamin
- Pemberian tugas
melambungkan balon
Kegiatan Inti ± 60 menit
Sudut Kebudayaan
- Menggambar bebas dengan
crayon
Sudut Keluarga
- Pemberian tugas
memakai baju
Sudut Keluarga
- Pemberian tugas
mengelompokkan gambar laki- laki dan perempuan.
Sudut Bahasa
- Pemberian tugas mengurutkan2
pola warna, merah, kuning
Istirahat/Bermain ± 30 menit
- Mencuci tangan sebelum dan
sesudah makan.
- Berdo’a sebelum dan sesudah
makan
- Bermain
Kegiatan akhir ± 30 menit
- Menyanyi lagu “Anak Baru”
- Diskusi Kegiatan hari ini dan
kegiatan esok hari
- Menyanyi, berdo’a pulang
|
- Bendera
- Tiang Bendera
- Anak Langsung
- Anak Langsung
- Balon
Kertas/buku gambar,
krayon.
- Baju yang berkancing
- Gambar lai-laki dan
perempuan
- Keping Geometri
- Air, serbet, bekal anak
- Anak langsung
- Anak langsung
- Anak langsung
|
- Observasi
- Observasi
- Percakapan
- Unjuk Kerja
Hasil Karya
- Unjuk Kerja
- Penugasan
- Unjuk Kerja
- Observasi
- Unjuk kerja
- Observasi
- Observasi
|
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) ,Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance ),Percaya
diri ( Confidence
),Religius,Kemandirian,Kebersihan, Sopan santun dll.
|
Lampung Timur, ......................
Mengetahui
Kepala TK ................................ Guru
Kelompok A
(....................................) (...........................................)
NIP. NIP.
|
RKH MODEL
PEMBELAJARAN DENGAN AREA
UNTUK
KELOMPOK A
RENCANA KEGIATAN HARIAN
KELOMPOK : A
SEMESTER/MINGGUAN :
I/1
TEMA/SUB
TEMA : DIRI
SENDIRI/MENGENAL DIRIKU
HARI, TANGGAL : SENIN 21 JULI 2006
WAKTU : 7.30 – 10.15
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALAT/SUMBER BELAJAR
|
PENILAIAN PERKEMBNGAN ANAK
|
|
ALAT
|
HASIL
|
|||
- Menyebutkan
nama diri,
nama orangtua, jenis kelamin dan alamat rumah dengan lengkap dan benar
- Berjalan
keberbagai arah
dengan berbagai cara misalnya berjalan maju diatas garis lurus, berjalan diatas papan titian, berjalan kedepan dengan tumit, berjalan dengan jinjit (angkat tumit), berjalan mundur.
Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, pledoug/tanah liat.
Mewarnai bentuk gambar sederhana
Membilang dengan menunjuk benda( mengenal konsep bilangan dengan
benda-benda sampai 5)
- Memasang dan membuka
tali sepatu
- Menyebutkan
posisi/keterangan tempat misalnya di luar, di dalam, di atas, di bawah,di depan, di kiri, di kanan. |
Upacara bendera
Kegiatan awal
1 - 30 menit
- Bernyanyi,
berdo’a dan salam
- Tanyajawab
tentang nama diri
- Pemberian
tugas berjalan lurus
kedepan
Kegiatan Inti + 60 menit
Area Seni / Motorik
Membentuk orang
dengan plastisin
Mewarnai gambar
orang
Area matematika/berhitung
Pemberian tugas
membilang dengan benda-benda 1 – 2
Area Drama
Pemberian tugas
memasang tali sepatu
Istirahat/makan (+ 30
menit)
- Mencuci
tangan, berdo’a sebelum
dan sesudah makan.
- Bermain.
Kegiatan Akhir + 30
menit
- Tanya jawab
tentang posisi di atas-
di bawah
- Diskusi
tentang kegiatan hari ini
dan besok.
- Bercerita
”Bangun pagi”.
- Menyanyi,
berdo’a pulang
|
- Tiang Bendera
dan
bendera
- Anak langsung
- Anak langsung
- Kapur tulis,
garis ubin
- Plastisin,
- Alas
plastisin
- Crayon
- Kertas gambar
Gambar orang,
buah-buahan tiruan, dll
Sepatu anak
Air, serbet,
Bekal anak
Alat bermain
diluar kelas
- Anak
langsung, meja
bola
- Buku cerita
- Anak langsung
|
-
Observasi
Observasi
Percakapan
-
Unjuk kerja
Penugasan
Hasil
karya
Penugasan
Unjuk
kerja
Observasi
- Penugasan
-
Observasi
- Observasi
|
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) ,Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance ),Percaya diri ( Confidence ),Religius,Kemandirian,Kebersihan,
Sopan santun dll.
|
Lampung Timur, ......................
Mengetahui
Kepala TK ................................ Guru
Kelompok A
(....................................) (...........................................)
NIP. NIP.
|
Contoh RKH Model Pembelajaran dengan Area
Kelompok B
RENCANA
KEGIATAN HARIAN
Kelompok :
B
Semester/Minggu : I/1
Tema/Sub Tema : Diri
Sendiri/Mengenal diriku
Hari Tanggal :
Senin, 31 Juli 2006
Waktu :
7.30 – 10.15
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT/SUMBER
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
PERKEMBANGAN ANAK
|
|
ALAT
|
HASIL
|
|||
- Menceritakan
pengalaman/kejadian sederhana dengan urut (B)
- Menyebutkan nama diri,
nama orangtua, jenis kelamin, tanggal dan bulan kelahiran, alamat rumah dengan lengkap (B)
- Melambungkan berbagai
obyek berbagai bentuk dan ukuran dengan satu atau dua tangan secara sederhana (F).
- Menggambar bebas dengan
berbagai media
(krayon,
kapur tulis,
pensil warna,
arang dan bahan
alam)
dengan rapi (S)
- Mengurus dirinya sendiri
tanpa bantuan misalnya berpakaian sendiri, makan sendiri dan lain-lain (P)
- Mengelompokkan berbagai
benda dengan cara yang diketahui nak misalnya menurut warna, bentuk, jenis ukuran dan lain-lain (K).
- Menyusun balok berbagai
ukuran menjadi bentuk tertentu.
- Menyanyi lebih dari 20 lagu
anak-anak |
Upacara Bendera
I. Kegiatan Awal ± 30 menit
- Bernyanyi,
berdoa
- Berbagi cerita dengan teman
- Tanya jawab tentang nama
diri dan jenis kelamin
- Pemberian tugas
melambungkan balon
II. Kegiatan Inti ± 30 menit
- Area Seni
Menggambar bebas
dengan krayon.
- Area Drama
Pemberian tugas
“memakai baju”
- Area Matematika
Pemberian
tugas
mengelompokan gambar laki-laki dan perempuan.
- Area Balok
Pemberian tugas
menyusun
balok dengan berbagai ukuran
Istirahat/Bermain ± 30 menit
- Mencuci tangan sebelum dan
sesudah makan.
- Berdo’a sebelum dan sesudah
makan
- Bermain
Kegiatan akhir ± 30 menit
- Menyanyi lagu “Anak Baru”
- Diskusi Kegiatan hari ini dan
kegiatan esok hari
- Bercerita tentang “Temn Baru”
- Menyanyi, berdo’a pulang
|
- Bendera
- Tiang Bendera
- Anak Langsung
- Anak Langsung
- Anak Langsung
- Balon
- Kertas/buku gambar,
krayon.
- Baju yang berkancing
- Gambar lai-laki dan
perempuan
- Balok berbagai ukuran
- Air, serbet, bekal makan.
- Alat bermain di luar kelas
- Anak langsung
- Anak langsung
- Anak langsung
- Anak langsung
|
- Observasi
- Observasi
- Observasi
- Percakapan
- Unjuk Kerja
- Hasil Karya
- Unjuk Kerja
- Penugasan
- Unjuk Kerja
- Observasi
- Unjuk kerja
- Observasi
- Observasi
- Observasi
|
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) ,Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance ),Percaya diri ( Confidence ),Religius,Kemandirian,Kebersihan,
Sopan santun dll.
|
Lampung Timur, ......................
Mengetahui
Kepala TK ................................ Guru
Kelompok A
(....................................) (...........................................)
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar