1. Eksplorasi
|
2.
Elaborasi
|
3. Konfirmasi
|
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
1. melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi
guru dan belajar dari aneka sumber;
2. menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
3. memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
4.
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
5.
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
|
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
4.
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif can
kolaboratif;
5.
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.
rnenfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan balk lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
8.
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
9.
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
|
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
a. memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
b. memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
c. memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d. memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
1)
berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab
pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
2)
membantu
menyelesaikan masalah;
3)
memberi
acuan agar peserta didik dapatmelakukan pengecekan
hasil eksplorasi;
4)
memberi informasi
untuk bereksplorasi Iebih jauh;
5)
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
|
Cari Blog Ini
Selasa, 03 Juli 2012
KEGIATAN INTI : E E K
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar