Cari Blog Ini

Selasa, 03 Juli 2012

KEGIATAN INTI : E E K


1.   Eksplorasi
2.   Elaborasi
3.   Konfirmasi
      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.       melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prin­sip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
2.       menggunakan beragam pendekatan pembela­jaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
3.       memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
4.       melibatkan peserta didik secara aktif dalam se­tiap kegiatan pembelajaran; dan
5.       memfasilitasi peserta didik melakukan per­cobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.    membiasakan peserta didik membaca dan me­nulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memuncul­kan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.    memberi kesempatan untuk berpikir, menga­nalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.       memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif can kolaboratif;
5.       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.       rnenfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan balk lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  1. memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan r iasi; kerja individual maupun kelompok;
8.       memfasilitasi peserta didik melakukan pamer­an, turnamen, festival, serta produk yang diha­silkan;
9.       memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa per­caya diri peserta didik.

     Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,  isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.       memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplo­rasi dan elaborasi peserta didik melalui ber­bagai sumber,
c.       memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d.       memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
1)       berfungsi sebagai narasumber dan fasilita­tor dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan be­nar;
2)       membantu menyelesaikan masalah;
3)       memberi acuan agar peserta didik dapatmelakukan pengecekan hasil eksplorasi;
4)    memberi informasi untuk bereksplorasi Iebih jauh;
5)       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar