Cari Blog Ini

Rabu, 04 Juli 2012

RPP IPA KELAS 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   SD Negeri 2 Braja Luhur
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester             :   IV/1
waktu                           :   6 x 35 menit  (3 X pertemuan)

A.    Standar Kompetensi       :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

C.    Indikator

  • Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.

D.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü  rangka kepala
ü  rangka badan
ü  rangka anggota gerak
ü  sendi
            Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
o   Siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
o   Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

E.     Materi Pokok         :   Rangka dan Panca Indera Manusia

Rangka dan Panca Indera Manusia
o   Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
o   Bagian rangka (hlm.2)
o   Fungsi rangka (hlm.6)

Kerangka manusia
Kerangka manusia terdiri dari kedua menyatu dan individu tulang didukung dan dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan . It serves as a scaffold which supports organs, anchors muscles, and protects organs such as the brain , lungs and heart . Ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ seperti otak , paru-paru dan jantung . The biggest bone in the body is the femur in the thigh, and the smallest is the stapes bone in the middle ear . Tulang terbesar dalam tubuh adalah tulang paha di paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah . In an adult, the skeleton comprises around 30-40% of the total body weight, [ 1 ] and half of this weight is water. Dalam orang dewasa, tulang terdiri dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, [1] dan setengah dari berat ini adalah air.

Fused bones include those of the pelvis and the cranium . tulang Fused termasuk orang-orang dari panggul dan tengkorak . Not all bones are interconnected directly: there are three bones in each middle ear called the ossicles that articulate only with each other. Tidak semua tulang saling berhubungan langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengah disebut ossicles yang mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain. The hyoid bone , which is located in the neck and serves as the point of attachment for the tongue , does not articulate with any other bones in the body, being supported by muscles and ligaments. The tulang hyoid , yang terletak di leher dan berfungsi sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam tubuh, yang didukung oleh otot dan ligamen.
















& Karakter siswa yang diharapkan :
o   Kreatif,  Mandiri, Rasa ingin tahu, Peduli lingkungan

& Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§  Percaya diri, , Berorientasi tugas dan hasil , Kepemimpinan.


F.     Metode   :  Ceramah dan praktek,Diskusi

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN I     hari ……..
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
5 menit
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang rangka manusia
F Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendeskripsikan rangka manusia:
-   rangka kepala
-   rangka badan
-   rangka anggota gerak
-   sendi
F Siswa menyebutkan rangka kepala
-   T.Ubun
-   T.Pelipis
-   T. Mata
-   T. Dahi
-   T.Hidung
-   T.Pipi
-   Rahang atas
-   Rahang bawah

F Siswa menyebutkan rangka badan
-   T.Tengkorak
-   Ruas-ruas Tulang leher
-   T.Selangka
-   T.Belikat
-   T.Dada
-   T.Rusuk

-   T.Lengan Atas
-   Ruas-ruas Tulang Punggung
-   TT.Panggul
-   T.Hasta
-   T.Pengumpil
-   T.Pergelangan Tangan
-   T.Telapak tangan
-   Ruas-ruas Jari Tangan
-   T.Paha

-   T.Tempurung lutut
-   T.Betis
-   T.Kering
-   T.Pergelangan kaki
-   T.Telapak kaki
-   Ruas-ruas jari
-   T.Kemaluan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya

60 menit
































5 menit
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengambar rangka badan manusia

PERTEMUAN 2  Hari ……….
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengumpulkan pekerjaan rumah
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

5 menit
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Mendeskripsikan Rangka anggota gerak
F Mendeskripsikan Sendi :
-   Sendi Engsel
-   Sendi Pelana
-   Sendi Peluru
-   Sendi Putar
-   Sendi Geser

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia .
F Mendeskripsikan fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya. Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka.
F Melakukan kegiatan
F Membuat kesimpulan dari kegiatan.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang terdapat sendi

60 menit























5 menit
  1. Pekerjaan Rumah
F Mengambar rangka badan manusia

PERTEMUAN 3 Hari…………………….
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

5 menit
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
F Mengetahui bersikap tubuh yang benar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
-   Lordosis
-   Kifosis
-   Skoliosis
F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur..
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.


60 menit




















5 menit
  1. Pekerjaan Rumah
F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor


H.    Alat Dan Sumber Belajar
a.       Silabus
b.      Torso
c.       Gambar rangka manusia
d.      Buku paket IPA kelas IV
e.       Buku penunjang lain yang relevan


I.       Penilaian:

a.       Teknik             : Tertulis
b.      Prosedur          : Postes
c.       Bentuk                        : Uraian singkat

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
Tugas Individu
dan Kelompok

Laporan dan Unjuk kerja


o  Jelaskanlah rangka manusia dan fungsinya.



A.  Jawablah dengan singkat dan jelas !
  1. Sebutkan 3 organ tubuh manusia !
  2. Apakah kegunaan rangka manusia ?
  3. Apakah fungsi tulang punggung?
  4. Sebutkan tulang-tulang yang membentuk rangka badan !
  5. Sebutkan fungsi alat indera?

Kunci jawaban
  1. Otak, jantung, paru-paru.
  2. 1. Penegak dan pemberi bentuk tubuh.
2. Melindungi alat-alat tubuh yang penting seperti otak, paru-paru, dan jantung.
3. Tempat melekatnya otot-otot dan jaringan.
4. Sebagai tempat pembentukan sel-sel darah.
5. Sebagai alat gerak pasif.
  1. Untuk melindungi sum-sum tulang belakang dan penopang anggota tubuh bagian atas.
  2. Tulang leher, tulang dada dan tulang rusuk, tulang punggung, tulang panggul
  3. Mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, hidung untuk mencium, lidah untuk mengecap rasa, kulit untuk meraba.

B.     Isilah titik berikut ini dengan benar!
  1. Secara garis besar, rangka manusia dibagi menjadi 3, yaitu ...
  2. Tulang yang dapat melindungi otak adalah tulang ....
  3. Tulang yang bersambungan dengan tulang dada dan tulang punggung adalah ....
  4. Tulang-tulang anggota gerak berfungsi untuk ....
  5. Rongga pada tulang punggung berisi ... yang terhubung langsung ke otak dan seluruh tubuh.

Kunci jawaban
  1. Rangka kepala (tengkorak), rangka badan, rangka anggota gerak.
  2. Tulang kepala (tengkorak)
  3. Tulang rusuk
  4. Menggerakkan anggota badan
  5. Sum-sum tulang belakang


Penilaian
Jumlah Nilai:         Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal



Mengetahui
Kepala SDN 2 Braja Luhur




SUJARWO,S.Pd.SD
NIP. 195908051980101002
Braja Luhur  ……………. 2012
Guru Kelas IV




GESTUTIK, J, A. Ma.Pd
NIP.196512131986032007



Rangkuman materi

Fungsi Alat Tubuh Manusia

1.      Secara umum rangka manusia dibagi menjadi 3 bagian, yaitu
a.   rangka kepala (tengkorak); berfungsi untuk melindungi organ penting yang ada di bagian kepala, antara lain otak.
b.   rangka badan;
-     Tulang leher; berfungsi untuk menopang kepala dan melindungi tenggorokan (bernapas), kerong kongan (makanan) dan pita suara (penghasil suara).
-     Tulang dada dan tulang rusuk; berfungsi untuk melindungi organ-organ yang ada di bagian dada, seperti jantung (pemompa darah) dan paru-paru (bernapas).
-     Tulang punggung; berfungsi untuk melindungi sumsum tulang belakang (mengandung sel-sel saraf). dan berfungsi sebagai penopang anggota tubuh bagian atas.
-     Tulang panggul berfungsi sebagai penyambung antara tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah dan sebagai penyangga organ dalam bagian perut (usus halus dan usus besar).
c.  rangka anggota gerak;
-        Tulang lengan terdiri atas tulang pangkal lengan, tulang pengumpil, tulang hasta, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang jari-jari tangan.
-        Tulang tungkai terdiri atas tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang-tulang telapak kaki, dan tulang jari-jari kaki.

2.            Fungsi rangka sangat penting dalam tubuh kita, yaitu:
a.   memberikan bentuk pada tubuh.
b.   melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak (jantung, paru-paru, ginjal, hati, dll).
c.   menjaga tubuh agar tetap tegak.
d.   tempat menempelnya otot.

3.      Berdasarkan bentuknya, tulang rangka dibagi menjadi 3 macam, yaitu;
a.   tulang pipa; memiliki bentuk utama seperti tabung dan berongga (tulang lengan dan kaki). Rongga pada tulang pipa berisi sumsum kuning. Sumsum kuning ini banyak mengandung lemak (cadangan makanan). Pada ujung-ujung tulang pipa yang mengembung, di dalamnya terdapat rongga-rongga kecil yang berisi sumsum merah (pembentuk sel-sel darah). Contohnya;
b.   tulang pendek;  memiliki ukuran tulang yang pendek (tulang belakang tulang pergelangan tangan, dan tulang pergelangan kaki). Di dalamnya hanya terdapat rongga-rongga kecil berisi sumsum merah (pembentuk sel-sel darah).
c.   tulang pipih; berbentuk pipih (tulang rusuk, tulang dada, dan tulang tengkorak kepala)dan berfungsi sebagai tempat pembentukan sel-sel darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar