RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri 2 Braja Luhur
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
waktu :
6 x 35 menit (3 X pertemuan)
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur
kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
C. Indikator
- Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
D. Tujuan Pembelajaran**:
o
Siswa
dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü rangka
kepala
ü rangka
badan
ü rangka
anggota gerak
ü sendi
Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
o
Siswa
dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
o
Menjelaskan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
E.
Materi Pokok : Rangka dan Panca
Indera Manusia
Rangka dan Panca
Indera Manusia
o
Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
o
Bagian rangka (hlm.2)
o
Fungsi rangka (hlm.6)
Kerangka manusia
Kerangka manusia terdiri dari kedua menyatu dan individu tulang didukung dan
dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan .
It serves as a scaffold which supports organs, anchors muscles, and protects
organs such as the brain , lungs and heart . Ini berfungsi
sebagai perancah yang mendukung organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ
seperti otak , paru-paru dan jantung . The biggest
bone in the body is the femur in the
thigh, and the smallest is the stapes bone in the middle ear
. Tulang terbesar dalam tubuh adalah tulang paha di
paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah
. In an adult, the skeleton comprises around 30-40% of the total body weight, [ 1 ] and half of this weight is water.
Dalam orang dewasa, tulang terdiri dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, [1] dan setengah dari berat ini adalah air.
Fused bones include those of the pelvis and the cranium .
tulang Fused termasuk orang-orang dari panggul dan tengkorak .
Not all bones are interconnected directly: there are three bones in each middle ear
called the ossicles that
articulate only with each other. Tidak semua tulang saling berhubungan
langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengah
disebut ossicles yang
mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain. The hyoid bone ,
which is located in the neck and serves as the point of attachment for the tongue , does not
articulate with any other bones in the body, being supported by muscles and
ligaments. The tulang hyoid ,
yang terletak di leher dan berfungsi sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak
mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam tubuh, yang didukung oleh otot
dan ligamen.
& Karakter siswa yang diharapkan :
o
Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Peduli lingkungan
& Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, , Berorientasi tugas dan hasil , Kepemimpinan.
F.
Metode
: Ceramah dan praktek,Diskusi
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN I hari ……..
|
|||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
5 menit
|
||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami
peta konsep tentang rangka manusia
F
Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan
manusia dewasa
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mendeskripsikan rangka manusia:
-
rangka
kepala
-
rangka
badan
-
rangka
anggota gerak
-
sendi
F
Siswa menyebutkan rangka kepala
F
Siswa menyebutkan rangka badan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang
kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya
|
60 menit
|
||||||||
5 menit
|
|||||||||
o
Mengambar
rangka badan manusia
|
|
||||||||
PERTEMUAN 2 Hari ……….
|
|||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengumpulkan
pekerjaan rumah
o
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
|
5 menit
|
||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menagih
tugas pertemuan sebelumnya
F Mendeskripsikan
Rangka anggota gerak
F
Mendeskripsikan Sendi :
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan
letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia .
F Mendeskripsikan
fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya.
Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka.
F Melakukan
kegiatan
F
Membuat kesimpulan dari kegiatan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang
terdapat sendi
|
60 menit
|
||||||||
5 menit
|
|||||||||
F
Mengambar rangka badan manusia
|
|
||||||||
PERTEMUAN 3 Hari…………………….
|
|||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan
membacakan indikator
|
5 menit
|
||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
F
Mengetahui bersikap tubuh yang benar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan kegiatan
F Mengetahui
beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
- Lordosis
- Kifosis
- Skoliosis
F
Mengetahui
cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D,
kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur..
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan
kembali tentang memelihara kesehatan rangka.
|
60 menit
|
||||||||
5 menit
|
|||||||||
F Membuat
daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor
|
|
H. Alat Dan Sumber Belajar
a. Silabus
b. Torso
c. Gambar
rangka manusia
d. Buku
paket IPA kelas IV
e. Buku
penunjang lain yang relevan
I. Penilaian:
a.
Teknik :
Tertulis
b.
Prosedur :
Postes
c.
Bentuk :
Uraian singkat
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan Unjuk kerja
|
o
Jelaskanlah rangka manusia dan fungsinya.
|
A. Jawablah
dengan singkat dan jelas !
- Sebutkan 3 organ tubuh manusia !
- Apakah kegunaan rangka manusia ?
- Apakah fungsi tulang punggung?
- Sebutkan tulang-tulang yang membentuk rangka badan !
- Sebutkan fungsi alat indera?
Kunci jawaban
- Otak, jantung, paru-paru.
- 1. Penegak dan pemberi bentuk tubuh.
2. Melindungi alat-alat tubuh yang penting seperti otak, paru-paru, dan
jantung.
3. Tempat melekatnya otot-otot dan jaringan.
4. Sebagai tempat pembentukan sel-sel darah.
5. Sebagai alat gerak pasif.
- Untuk melindungi sum-sum tulang belakang dan penopang anggota tubuh bagian atas.
- Tulang leher, tulang dada dan tulang rusuk, tulang punggung, tulang panggul
- Mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, hidung untuk mencium, lidah untuk mengecap rasa, kulit untuk meraba.
B. Isilah titik berikut ini dengan benar!
- Secara garis besar, rangka manusia dibagi menjadi 3, yaitu ...
- Tulang yang dapat melindungi otak adalah tulang ....
- Tulang yang bersambungan dengan tulang dada dan tulang punggung adalah ....
- Tulang-tulang anggota gerak berfungsi untuk ....
- Rongga pada tulang punggung berisi ... yang terhubung langsung ke otak dan seluruh tubuh.
Kunci jawaban
- Rangka kepala (tengkorak), rangka badan, rangka anggota gerak.
- Tulang kepala (tengkorak)
- Tulang rusuk
- Menggerakkan anggota badan
- Sum-sum tulang belakang
Penilaian
Jumlah Nilai: Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal
Mengetahui
Kepala SDN 2 Braja Luhur
SUJARWO,S.Pd.SD
NIP. 195908051980101002
|
Braja Luhur ……………. 2012
Guru Kelas IV
GESTUTIK, J, A. Ma.Pd
NIP.196512131986032007
|
Rangkuman materi
Fungsi Alat Tubuh Manusia
1. Secara
umum rangka manusia dibagi menjadi 3 bagian, yaitu
a. rangka kepala (tengkorak); berfungsi
untuk melindungi organ penting yang ada di bagian kepala, antara lain otak.
b. rangka badan;
- Tulang leher; berfungsi untuk menopang
kepala dan melindungi tenggorokan (bernapas), kerong kongan (makanan) dan pita
suara (penghasil suara).
- Tulang dada dan tulang rusuk; berfungsi
untuk melindungi organ-organ yang ada di bagian dada, seperti jantung (pemompa
darah) dan paru-paru (bernapas).
- Tulang
punggung; berfungsi untuk melindungi sumsum tulang belakang (mengandung
sel-sel saraf). dan berfungsi sebagai penopang anggota tubuh bagian atas.
- Tulang
panggul berfungsi sebagai penyambung antara tubuh bagian atas dan tubuh
bagian bawah dan sebagai penyangga organ dalam bagian perut (usus halus dan
usus besar).
c. rangka anggota gerak;
- Tulang
lengan terdiri atas tulang pangkal lengan, tulang pengumpil, tulang hasta,
tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang jari-jari tangan.
- Tulang
tungkai terdiri atas tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang kering,
tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang-tulang telapak kaki, dan tulang
jari-jari kaki.
2.
Fungsi rangka
sangat penting dalam tubuh kita, yaitu:
a. memberikan
bentuk pada tubuh.
b. melindungi
bagian-bagian tubuh yang lunak (jantung, paru-paru, ginjal, hati, dll).
c. menjaga
tubuh agar tetap tegak.
d. tempat
menempelnya otot.
3.
Berdasarkan bentuknya, tulang rangka dibagi menjadi 3 macam, yaitu;
a. tulang pipa; memiliki bentuk utama
seperti tabung dan berongga (tulang lengan dan kaki). Rongga pada tulang pipa
berisi sumsum kuning. Sumsum kuning ini banyak mengandung lemak (cadangan
makanan). Pada ujung-ujung tulang pipa yang mengembung, di dalamnya terdapat
rongga-rongga kecil yang berisi sumsum merah (pembentuk sel-sel darah). Contohnya;
b. tulang
pendek; memiliki ukuran tulang yang
pendek (tulang belakang tulang pergelangan tangan, dan tulang pergelangan
kaki). Di dalamnya hanya terdapat rongga-rongga kecil berisi sumsum merah (pembentuk
sel-sel darah).
c. tulang
pipih; berbentuk pipih (tulang rusuk, tulang dada, dan tulang tengkorak
kepala)dan berfungsi sebagai tempat pembentukan sel-sel darah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar