Soal Uji Kompetensi Guru TK, UKG TK
Contoh Soal Uji Kompetensi Guru
(UKG) TK
SOAL
PILIHAN GANDA
1. Perkembangan motorik adalah
A. Gerakan yang dilakukan oleh seluruh
tubuh
B. Perkembangan dari unsur kematangan dan
pengendalian gerakan tubuh
C. Berkembang sejalan dengan kematangan
saraf dan otot
D. Hasil pola interaksi yang kompleks dari
berbagai bagian dan sistem di dalam tubuh yang dikontrol otak
2. Ada lima pusat kontrol yang
mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bagian yang mengatur
pergerakkan seluruh tubuh dan koordinasi gerakan tubuh, adalah
A. Cerebral cortex
B. Batang otak
C. Cerebellum
D. Basal ganglia
3. Karakteristik perkembangan
motorik halus anak usia 4-5 tahun
A. Menggambar dengan gerakan naik turun
bersambung (seperti gunung atau bukit)
B. Menggambar garis lingkaran dan garis
silang (garis tegak dan datar)
C. Menggambar garis lurus
D. Menggambar coret-coretan
4. Karakteristik perkembangan
motorik kasar anak usia 5-6 tahun
A. Melompat-lompat dengan kaki bergantian
B. Melompat dengan dua kaki sekaligus di
atas bak/ hamparan pasir
C. Melompati parit
D. Melompat dengan satu kaki
5. Salah satu faktor yang
mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
A. Kematangan dan pengendalian gerakan
tubuh
B. Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas
otak lainnya
C. Keterampilan dan kemampuan mengingat
gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
D. Sifat dasar genetik termasuk bentuk
tubuh dan kecerdasan
6. Perkembangan sosial adalah \
A. Penerimaan sosial yang sesuai dengan
tuntutan kelompok
B. Perolehan kemajuan berperilaku yang
sesuai dengan tuntutan sosial
C. Belajar bergaul dengan orang lain atau
anak
D. Penyesuaian sosial sebagai anggota
kelompok sosial
7. Proses sosialisasi adalah
A. Menyesuaikan
perilaku dengan patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial
B. Memainkan peran
sosial yang dapat diterima setiap kelompok sosial
C. Belajar
berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial
D. Belajar
berperilaku yang sesuai dengan standar perilaku yang diterima
8. Bagaimanakah gambaran orang yang
sosial?
A. Orang yang menginginkan kehadiran orang
lain
B. Orang yang kesepian jika berada seorang
diri di suatu tempat
C. Orang yang merasa puas semata-mata
karena berada bersama orang lain
D. Orang yang perilakunya mecerminkan
keberhasilan dalam proses sosialisasi
9. Mengapa
keluarga mempunyai peran
penting dalam proses
sosialisasi
anak?
A.
Keluarga sebagai lingkungan sosial
pertama kali dan anak menerima pendidikan pertama dan utama
B.
Keluarga mempunyai kewajiban
mendidik anak-anaknya
C.
Keluarga mempunyai kewajiban
memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya
D.
Keluarga merupakan kelompok kecil
yang anggota-anggotanya berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap
10. Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar
mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya
adalah
A. Pengasuhan permissive-indulgent
B. Pengasuhan otoritatif
C. Pengasuhan permissive-indefferent
D. Pengasuhan otoriter
11. Emosi menurut Goleman adalah
A. Perasaan yang ada dalam diri seseorang,
berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta
B. Berbagai perasaan yang kuat, yakni
benci, takut, marah, senang dan sedih
C. Sebagai perasaan atau afeksi yang
melibatkan suatu campuran antara gejolak fisiologis dan perilaku yang tidak
tampak
D. Merujuk pada suatu perasaan atau
pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan psikologis, serta
serangkaian kecenderungan untuk bertindak
12. Anak-anak menggunakan emosi untuk menginformasikan
orang lain tentang perasaan dan kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi
sebagai
A. Pengaturan (regulation)
B. Komunikasi (communication)
C. Kelangsungan hidup (survival)
D. Penyesuaian diri (adaptation)
13. Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi
perkembangan emosi pada anak
A. Faktor keturunan dan lingkungan
B. Faktor bawaan dan pendidikan
C. Faktor kematangan dan belajar
D. Faktor intelektual dan sosial
14. Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan
keinginan maka seseorang akan mengalami emosi
A. Marah
B. Gembira atau senang
C. Sedih
D. Takut
15. Mampu memuji, memberi semangat, atau menolong anak
lain termasuk tugas perkembangan emosi anak berusia
A. 5 tahun
B. 5 tahun 6 bulan
C. 4 tahun
D. 4 tahun 6 bulan
16. Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan
kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut
A. Strukturalisme
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D.
Progressivisme
17. Anak usia taman kanak-kanak berada pada tahap
perkembangan
A. Praoperasional
B. Formal operasional
C. Konkrit operasional
D. Sensorimotor
18. Proses penyerapan informasi baru ke dalam
informasi yang telah ada di dalam skemata (struktur kognitif) anak adalah
a. Ekuilibrium
b. Akomodasi
c. Adaptasi
d. Asimilasi
19. Anak yang sudah mulai dapat membedakan antara
fantasi dan kenyataan yang sebenarnya, berada dalam rentang usia
A.
4-5 tahun
B.
2-3 tahun
C.
3-4 tahun
D.
5-6 tahun
20. Pembelajaran yang paling tepat untuk mengembangkan
kognitif anak usia 5-6 tahun adalah
A. Mengajar membaca, menulis dan berhitung
B. Memberi kesempatan pada anak untuk
memperoleh pengalaman langsung dalam berbagai aktivitas pembelajaran
C. Memberikan pekerjaan rumah agar anak
dapat belajar di rumah
D. Memberi pelajaran sebagai persiapan
masuk sekolah dasar
21. Bagaimanakah cara anak memperoleh bahasa ketika
berusia kurang dari satu tahun?
A. Mendengarkan orang dewasa berbicara
B. Meniru ucapan orang dewasa
C. Memperhatikan muka orang dewasa dan
menanggapi dengan bahasa mereka
D. Bermain-main dengan bunyi (mengoceh)
22. Salah satu komponen bahasa yang menekankan pada
penggunaan bahasa dalam konteks komunikatif adalah
A. Morfologi
B. Fonologi
C. Semantik
D. Pragmatik
23. Semantik sebagai salah satu komponen bahasa adalah
a. Susunan kata, organisasi kalimat,
dan elemen lain suatu kalimat
b. Suatu
pengertian yang mengacu pada susunan internal yang terdapat dalam sebuah kata
c. Suatu
sistem aturan yang mengatur suatu pengertian atau visi dari suatu kata atau
kombinasi beberapa kata
d. Berkaitan
dengan kaidah yang membentuk struktur, distribusi dan urutan ujaran, dan
susunan suku kata
24. Teori yang menyatakan
bahwa semua anak dilahirkan dengan memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa
adalah
A. Sosiokultural
B. Genetik
C. Behavioristik
D. Konstruktivistik
25. Yang tidak termasuk dalam prinsip-prinsip DAP
(Developmentally Appropriate Practice) yang diterapkan sebagai acuan bagi
pembelajaran anak usia dini agar sesuai dengan tahap perkembangan anak adalah
A. Membuat lingkungan yang saling asuh
B. Pembelajaran untuk membantu
perkembangan dan belajar anak
C. Menyusun kurikulum yang sesuai
D. Memacu perkembangan anak dengan
memberikan pelajaran baca dan menulis
26. Yang tidak termasuk kreativitas adalah
A. Kemampuan
seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja yang pada
dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatannya
B. Dapat berupa
kegiatan imajinatif sintesis pemikiran yang hasilnya bukan hanya perangkuman
Cara berpikir yang bersifat logis/rasional, analitis, konvergen, teratur, dan
linier Cara berpikir yang bersifat divergen, intuitif, holistik,
multidimensional, dan human
C. Salah satu
unsur kreativitas adalah Merupakan suatu cara berpikir, tidak sinonim dengan
kecerdasan yang mencakup kemampuan mental selain berpikir Mempunyai maksud dan
tujuan yang ditentukan, bukan fantasi semata Ditandai oleh banyak (lebih dari
satu) kemungkinan jawaban dalam menghadapi persoalan Dapat berbentuk produk
seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau bersifat prosedural/metodologis
27. Pengembangan kreativitas akan berhasil jika
Pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini berorientasi
pada pelajaran membaca, menulis, dan berhitung, maka fungsi imajinasi pada
belahan otak kanan terabaikan
B. Membebani
belahan otak kiri pada anak dengan tugas-tugas hafalan dan bersifat akademis
C. Pembelajaran
pada anak usia dini dilaksankan secara seimbang dan harmonis dalam
mengembangkan kedua belahan otak
D. Pembelajaran
anak usia dini kurang memberikan kebebasan kepada anak untuk berekspresi
28. Yang tidak termasuk dalam karakteristik
kepribadian kreatif adalah
A. Mempunyai
kekuatan energi fisik yang memungkinkan mereka bekerja berjam-jam dengan
konsentrasi penuh, tetapi juga bisa tenang dan rileks, bergantung pada
situasinya
B. Mempunyai
kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu
masalah
C. Sangat
bersemangat (passionate) bila menyangkut karya mereka, tetapi juga sangat
objektif dalam penilaian karyanya
D. Sikap
keterbukaan dan sensitivitas sering membuatnya menderita jika mendapat banyak
kritik dan serangan terhadap hasil jerih payahnya, namun di saat yang sama juga
merasakan kegembiraan yang luar biasa
29. Yang tidak termasuk dalam
strategi empat P dalam pengembangan kreativitas adalah
A.
Pribadi
B.
Proses
C.
Pendorong
D.
Prosedur
SOAL
URAIAN
1.
Jelaskan apa hakikat anak usia dini?
2.
Jelaskan makna pendidikan anak usia dini?
3.
Sebutkan dan jelaskan fungsi pendidikan anak usia dini?
4.
Apa yang dimaksud dengan otoaktivitas? Dan menurut anda bagaimana memunculkan
otoaktivitas pada anak!
5.
Mengapa pendidikan anak usia dini mengembangakan fungsi panca indra?
6.
Menurut pendapat anda prinsip apa saja yang paling mendasar dalam memberikan
kegiatan dalam pembelajaran anak usia dini?
7.
Apa yang dimaksud belajar dalam pendidikan anak usia dini?
8.
Jelaskan pengembangan kurikulum yang dapat diberikan pada pendidikan anak usia
dini?
9.
Sebutkan dan Jelaskan metode pembelajaran yang dapat diberikan untuk anak usia
dini?
10.
Jelaskan pandangan dasar yang dikemukakan oleh Pestalozzi, Frobel dan Jan
Lighthart?
11.
Menurut pendapat anda apa perbedaan dan persamaan sistem pengajaran dari ketiga
tokoh tersebut?
12.
Jelaskan suasana yang harus diciptakan dalam pengajaran Frobel, serta berikan
contoh kongkritnya?
13.
Konsep dasar apa yang dikembangkan pada pengajaran barang sesungguhnya yang
dikemukakan oleh Jan Lighthart?
14.
Sebutkan dan jelaskan persamaan dan perbedaan model pengajaran Montessori,
Helen Parkhust, dan John Dewey?
15.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan masa peka?
16.
Apa yang dimaksud dengan kebebasan dalam model pengajaran Montessori?
17.
Apa yang dimaksud dengan ‘learning by doing’?
18.
Menurut pendapat anda mengapa dalam pengajaran Montessori, panca indra
merupakan pintu gerbang masuknya pengetahuan?
19.
Sebutkan dan jelaskan persamaan dan perbedaan model pembelajaran Kilpatrick dan
Decroly?
20.
Menurut pendapat anda model pengajaran simbiotis sama dengan barang
sesungguhnya atau tidak? Berikan alasannya!
21.
Menurut pendapat anda anak usia dini dapat diberikan pengenalan membaca,
menulis, serta berhitung permulaan?
22.
Apa yang dimaksud dengan keterkaitan dalam model pengajaran Decroly?
23.
Berikan contoh kongkrit dari bentuk pengajaran proyek Kilpatrick?
24.
Jelaskan secara singkat inti dari proses sosialisasi! Beri contoh!
25.
Jelaskan secara singkat faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri dengan
tuntutan sosial pada anak usia dini!
26.
Jelaskan tentang peran keluarga dalam proses sosialisasi!
27.
Menurut Anda, gaya pengasuhan yang mana yang paling tepat digunakan didalam
keluarga untuk dapat mengembangkan kompetensi sosial anak usia dini?
28.
Mengapa guru TK perlu memahami perkembangan emosi anak usia dini? Jelaskan
secara singkat dan beri contoh!
29.
Bagaimanakah cara mengetahui anak yang sedang gembira dan sedih? Jelaskan dan
beri contoh!
30.
Bagaimanakah cara menangani anak yang sedang marah karena diganggu oleh
temannya? Jelaskan dan beri contoh!
31.
Bagaimanakan perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun? Jelaskan dan beri contoh!
32.
Bagaimanakah sebaiknya orangtua melatih anak untuk mengembangkan bahasa anak
sejak dini? Jelaskan dan beri contoh!
33.
Mengapa kreativitas perlu dikembangkan? Jelaskan dan beri contoh!
34.
Bagaimanakah cara mengembangkan kreativitas anak? Jelaskan dan beri contoh!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar